Tips Menjadi Support yang Baik Di Dota 2
Online PCStrategyTips and Trick

Tips Menjadi Support yang Baik Di Dota 2

Dalam permainan game Dota 2 peran dari seorang Support sangatlah berpengaruh terhadap tim dalam sebuah pertandingan. Jika kalian bertemu dengan player yang mengatakan bahwa role Support itu tidak berguna, segera saja report player tersebut!!! Karena dengan adanya Support, maka para carry dan hero core akan terbantu. Hero Supportlah yang akan menjaga lane ketika para core sibuk melakukan farming. Jika tidak ada role Support didalam permainan, sang Carry bahkan tim sekalipun sudah bisa dijamin tidak akan bisa memenangkan pertandingan.

Menjadi Support ternyata tidaklah semudah yang kita bayangkan. Support yang baik tentunya akan membuat setiap pertandingan akan menjadi jauh lebih mudah untuk dimenangkan. Bahkan jika kamu adalah pemain Dota 2 yang baru mencoba bermain, ada baiknya jika kamu belajar terlebih dahulu menjadi seorang Support yang baik dan benar.

Jadi berikut ini adalah tips dari kami untuk kalian semua para player Dota 2 yang ingin menjadi Support yang baik dan handal.

1. Seperti Apa Peran Support

Role Support adalah mereka yang memiliki kemampuan yang bagus diearly game namun tidak bisa menjadi lebih kuat saat pertandingan telah memasuki fase late game. Karena kita memang diharuskan “berkorban” kepada Carry di tim kita yang memiliki scalability yang jauh lebih baik, alias bisa menjadi lebih lebih kuat dari hero support diwaktu late game.

Tugas kalian sebagai seorang Support adalah membuat hero core dan carry di tim kalian bisa melakukan tugasnya dengan baik. Dengan begitu berarti kalian harus bisa memfasilitasi mereka dalam segala hal, mulai dari membuat mereka bisa farming dengan leluasa aman dan nyaman, membantu mereka untuk mendapatkan kill, dan jika diperlukan, mengorbankan diri kalian untuk menyelamatkan carry atau core yang sedang dalam bahaya atau sekarat.

Role support harus membantu hero lain yakni carry dan core untuk melewati waktu fase early dan juga mid game, sehingga mereka bisa menjadi sangat kuat di late game dan akan membawa kita kedalam kemenangan.

2. Fasilitasi Tim mu Dengan Baik

Peran kalian sebagai support adalah untuk memfasilitasi farm yang nyaman dan aman untuk Carry di tim, membantu mereka untuk mendapatkan kill, serta sebisa mungkin mencegah agar mereka tidak mati. Untuk menjalankan tugas ini dengan baik, tentunya kalian harus memerlukan beberapa item yang penting.

Sebagai Role Support, item kecil dan murah seperti Wards dan Dust termasuk dalam kategori item yang wajib dan sangat penting dan harus kamu miliki dan selalu kalian bawa hampir sepanjang permainan. Jika tim mu sedang membutuhkan vision di area tertentu seperti di daerah jungle, maka segeralah pasang Observer Wards. Jika carry di tim mu ingin mendapatkan kill ke hero lawan yang punya invisibility seperti Riki, maka belilah item Dust of Appearance, Sentry Wards, atau Gem of True Sight tergantung siapa yang sedang kamu hadapi.

Dazzle

3. Jangan Pernah Ambil Gold Carry

Sebagai seorang support yang baik di Dota 2, bukanlah tugas kita untuk melakukan farming dan mendapatkan item. Kalaupun kalian ingin mendapatkan banyak commend dan tentunya kemenangan tim, maka berikanlah seluruh potensi gold yang ada di lane tempat kalian berada kepada carry. Logikanya, jika carry mu bisa kaya dengan cepat dan membeli item yang dibutuhkan dengan cepat, maka otomatis tim kalian juga akan menang dengan lebih cepat.

Mungkin kalian akan bertanya, lantas dari mana support mendapatkan gold? tentu banyak! Kalain bisa melakukan pulling dan farming di lane. Melakukan gank yang berhasil pun juga cara terbaik untuk kalian mendapatkan gold. Selain itu, kehadiran dari Bounty Rune juga tentunya akan menambah sumber pendapatan gold mu.

Lalu mengenai item, untuk diawal janganlah kalian sampai fokus ke item dengan harga yang mahal yang akan memberimu berbagai macam kekuatan sakti seperti Aghanim’s Scepter atau Scythe of Vyse. Melainkan, untuk lebih fokuslah untuk membuat item yang leih dibutuhkan oleh timmu, contohnya seperti Force Staff, Mekansm, Pipe of Insight, Solar Crest, dan juga jangan pernah lupa dengan item pendukung seperti Observer Ward, Sentry Ward, serta Smoke of Deceit.

Ogre Magi

4. Perhatikan Posisi dan Peran mu Saat War

Memang, terkadang seorang Support kadang harus menjadi seekor tumbal demi melindungi hero lain yang lebih penting perannya dalam war. Namun bukan berarti kamu bisa seenaknya bebas mati kapan saja hanya karena kamu bermain sebagai seorang Support. Setiap kematian kalian akan membuat kalian semakin jauh tertinggal dalam hal gold dan juga experience, sehingga akan membuat permainanmu yang awalnya sulit malah menjadi semakin sulit. Seorang support haruslah sangat memaksimalkan perannya di setiap war yang sedang berlangsung. Jangan sampai terjadi belum sempat berkontribusi, kalian malah sudah mati duluan.

Karena kalian adalah Hero yang paling mudah untuk dibunuh, maka Hero Support biasanya adalah mangsa utama dari carry musuh.

Crystal Maiden

5. Gunakan Skill mu Dengan Bijak

Sebagai seorang Support, pastikan kalian untuk selalu menggunakan skill yang kalian miliki dengan tepat dan maksimal.

Prinsip memaksimalkan semua skill ini tentulah tidak bersifat mutlak, dan semuanya sangat bergantung pada skill yang akan digunakan serta kondisi permainan yang tengah berlangsung. Kalau kalian memakai hero dengan burst damage yang besar seperti Lion atau Lina, kalian disarankan untuk menggunakan ulti Finger of Death atau Laguna Blade sesegera mungkin. Karena jika kalian sudah mati duluan sebelum sempat menggunakannya, maka kontribusimu dalam team fight akan sangat minim.

Nah itu dia tips – tips untuk kalian semua yang ingin menjadi seorang Support yang baik dan benar dalam permainan Dota 2. Kalian harus selalu mempelajari role seorang Support dengan melakukan praktek langsung sambil mengingat tips – tips diatas barusan. Carilah selalu hero – hero Support yang bisa kalian gunakan dan kamu jadikan favorit dan andalan disetiap pertandingan.

Share Halaman ini Jika Kalian Suka

See the world through my lens All pictures are mine © "Diliat-liat aja dulu, siapa tau jodoh... "

Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.