Tips Menjadi Support yang Baik Di Dota 2
Online PCStrategyTips and Trick

Tips Menjadi Support yang Baik Di Dota 2

Dalam permainan Dota 2 peran seorang Support sangatlah berpengaruh dalam sebuah pertandingan. Jika kalian bertemu dengan player yang berkata bahwa role Support itu tidak berguna, segera report player tersebut!!! Karena Support lah yang menjaga lane ketika para core sibuk melakukan farming. Jika tidak ada role Support, sang Carry bahkan tim bisa dijamin tidak akan bisa memenangkan pertandingan.

Menjadi Support dalam pertandingan di Dota 2 itu ternyata tidak semudah yang kita bayangkan. Support yang baik akan membuat setiap pertandingan akan menjadi jauh lebih mudah. Bahkan jika kamu adalah pemain Dota 2 yang baru, ada baiknya jika kamu belajar dahulu menjadi seorang Support yang baik.

Sebagai seorang Support yang baik, kamu harus rela memberikan farm ke hero Carry, meskipun kamu tahu kamu juga membutuhkan farm. Di akhir permainan, kamu tidak akan pernah berada di puncak GPM, punya KDA yang tinggi, atau menghasilkan total damage yang besar.

Sebaliknya, menang atau kalah, kamu bisa saja mengakhiri permainan dengan skor 0/9. Jika timmu kalah dalam pertandingan dan punya rekan setim yang bermental buruk, kamu akan dihina sebagai feeder, meskipun kamu sebenarnya sudah bermain dengan baik.

Jadi berikut ini adalah tips tips untuk kalian para player Dota 2 yang ingin menjadi Support yang baik.

1. Seperti Apa Peran Support

Support adalah mereka yang mempunyai kemampuan yang bagus untuk early game namun tidak bisa menjadi lebih kuat saat memasuki late game. Karena kita memang harus berkorban kepada Carry di timmu yang memiliki scalability yang lebih baik, alias bisa jadi lebih lebih kuat darimu di late game.

Kenapa ada yang harus berkorban? Karena dalam permainan ini, kita memiliki sumber daya yang terbatas. Jadi, untuk memaksimalkan farm dan gold yang tersedia, kamu harus memprioritaskannya ke mereka yang bisa dan harus melakukan scaling dengan baik di mid ataupun late game, yang berarti hero core atau carry dalam tim.

Nah, tugasmu sebagai Support adalah membuat hero core dan carry di timmu bisa melakukan tugasnya dengan nyaman dan mudah. Ini berarti memfasilitasi mereka dalam segala hal, mulai dari membuat mereka bisa farming dengan aman dan nyaman, membantu mereka mendapatkan kill, dan jika perlu, mengorbankan diri untuk menyelamatkan rekan setim yang dalalm bahaya.

Support membantu hero lain melewati fase early dan mid game, sehingga mereka bisa menjadi sangat kuat di late game. Dengan begitu, mereka bisa mengantarkan timmu menuju kemenangan, kecuali kalau timmu punya carry yang tidak kompeten.

Intinya, Support membuat pemain lain bisa bermain dengan lebih mudah dan nyaman. Support membuat tim bisa memenangkan pertandingan.

2. Fasilitasi Tim mu Dengan Baik

Sekali lagi, peranmu adalah memfasilitasi farm yang nyaman dan aman untuk Carry, membantu mereka mendapatkan kill, serta mencegah agar mereka tidak mati. Untuk menjalankan tugas ini, kamu pasti memerlukan beberapa item yang penting.

Sebagai Support, item kecil dan murah seperti Wards dan Dust termasuk dalam kategori item yang sangat penting dan harus kamu miliki hampir sepanjang permainan. Jika timmu membutuhkan vision di area tertentu, segera pasang Observer Wards. Jika timmu ingin mendapatkan kill ke hero lawan yang punya invisibility, beli Dust of Appearance, Sentry Wards, atau Gem of True Sight tergantung siapa yang kamu hadapi.

Jangan malas membeli item ini hanya karena kalian ingin membuat item tertentu. Kalau timmu benar benar membutuhkan Dust saat itu juga, gunakan gold yang kamu miliki saat itu juga. Dari kill yang kamu dapatkan dari membunuh hero invisible lawan akan membuat gold itu kembali, malah mungkin dengan sedikit bonus, terutama jika kill tersebut bisa dikonversi menjadi objektif seperti tower ataupun Roshan.

Sebaliknya, kalau kamu menolak menggunakan gold tersebut saat benar-benar dibutuhkan, kamu mungkin gagal membunuh hero penting lawan. Paling parah, kamu bisa saja terbunuh oleh hero invisible tersebut. Kamu malah kehilangan gold, dan progres item yang ingin kamu beli jadi mundur.

Dazzle

3. Jangan Pernah Ambil Gold Carry

Sebagai seorang support Dota 2, bukan tugas kita untuk melakukan farming dan mendapatkan item. Kalau kamu ingin mendapatkan banyak commend, berikanlah seluruh potensi gold di lane kepada carry. Logikanya, jika carry-mu bisa kaya dengan cepat, maka otomatis timmu juga bakalan menang lebih cepat.

Lalu, dari mana support mendapatkan gold? Banyak! Kamu bisa melakukan pulling dan farming di sana. Melakukan gank yang sukses juga cara terbaik untuk mendapatkan gold. Selain itu, kehadiran Bounty Rune juga menambah sumber pendapatan gold mu.

Kemudian mengenai item, jangan fokus ke item mahal yang memberimu berbagai macam kekuatan sakti seperti Aghanim’s Scepter atau Scythe of Vyse. Melainkan, fokuslah untuk membuat item yang dibutuhkan timmu, seperti Force Staff, Mekansm, Pipe of Insight, Solar Crest, dan jangan lupa Observer Ward, Sentry Ward, serta Smoke of Deceit.

Ogre Magi

4. Perhatikan Posisi dan Peran mu Saat War

Memang, Support kadang harus menjadi tumbal demi melindungi hero lain yang lebih penting. Namun bukan berarti kamu bisa bebas mati kapan saja hanya karena kamu bermain sebagai Support. Setiap kematian akan membuatmu semakin tertinggal dalam hal gold dan experience, sehingga membuat permainanmu yang awalnya sulit semakin sulit. Seorang support harus memaksimalkan perannya masing-masing di setiap war. Jangan sampai belum sempat berkontribusi, sudah mati duluan.

Karena paling mudah dibunuh, Support biasanya adalah mangsa utama musuh. Namun di saat yang sama kamu tentu harus berkontribusi dalam permainan.

Saat war dan juga di banyak situasi lainnya, positioning atau pengambilan posisi adalah kunci permainanmu. Pastikan kamu berada dalam jarak yang memungkinkanmu untuk bergerak maju menggunakan spell, namun masih dalam jarak aman atau memungkinkanmu untuk mundur ke jarak aman di luar jangkauan musuh.

Misalnya kalau kamu menggunakan hero support tank seperti Night Stalker, tugasmu adalah membuka peta dan menyerap damage dari musuh, tapi jangan sampai mati. Kalau Witch Doctor, kamu harus menjaga timu dari belakang dan memutarbalikkan keadaan dengan Death Ward.

Untuk bisa membantu timmu dengan cepat, kamu harus ada pada posisi yang tepat. Ini berarti kamu dituntut untuk membaca arah permainan serta bergerak sesuai dengan arah tersebut.

Misalnya, jika timmu ingin melakukan push bersama, segeralah bergabung dengan mereka. Jika rekan setimmu punya cukup damage atau level untuk membunuh satu hero lawan, datanglah membantu jika dibutuhkan. Lalu yang tidak kalah penting, jika rekan setimmu terkena gank, bantulah secepat mungkin jika memungkinkan. Selalu bawa paling tidak satu TP Scroll. Satu item ini akan sangat membantumu untuk berpindah ke tempat yang dibutuhkan saat itu juga.

Crystal Maiden

5. Gunakan Skill mu Dengan Bijak

Sebagai seorang Support, pastikan kamu selalu menggunakan skill yang kamu miliki. Jika memungkinkan, gunakan secara maksimal.

Misalnya, kalau kamu menggunakan Warlock, pastikan Chaotic Offering bisa mengenai sebanyak mungkin target. Jika kamu menggunakan Lion, pastikan Earth Spike yang kamu gunakan mengenai lebih dari satu lawan, atau paling tidak lawan yang penting.

Hal yang sama juga berlaku untuk item utilitas lain seperti Mekansm dan juga Drum of Endurance. Gunakan item seperti ini saat efeknya bisa mengenai sebanyak mungkin rekan setimmu, atau untuk menyelamatkan rekan setim dari bahaya.

Prinsip memaksimalkan semua skill ini tentu tidak mutlak, dan sangat bergantung pada skill yang digunakan serta kondisi permainan. Kalau kamu adalah hero dengan burst damage besar seperti Lion dan Lina, kamu disarankan untuk menggunakan untuk menggunakan Finger of Death atau Laguna Blade sesegera mungkin. Karena jika kamu mati sebelum sempat menggunakannya, kontribusimu dalam teamfight akan sangat minim

Nah itu dia tips tips untuk kamu yang ingin menjadi Support yang baik dalam permainan Dota 2. Kamu harus selalu mempelajari role seorang Support dengan praktek langsung sambil mengingat tips tips diatas. Carilah hero hero Support yang bisa kamu jadikan favorit dan andalan disetiap pertandingan.

Share Halaman ini Jika Kalian Suka

See the world through my lens All pictures are mine © "Diliat-liat aja dulu, siapa tau jodoh... "

Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com