Spesifikasi Playstation 5 Vs Xbox Series X, Pilih Mana ?
gadgetNewsPlaystation

Spesifikasi Playstation 5 Vs Xbox Series X, Pilih Mana ?

Pada minggu ini beberapa dari kita sudah mengetahui perihal spesifikasi dari dua konsol yang sejak dahulu sudah menjadi musuh bebuyutan. Pasalnya Xbox Series X dan juga PlayStation 5, telah mengungkapkan secara detail spesifikasi dari konsol ungguran mereka masing-masing, dan kelihatannya dari keduanya tidak memiliki perbedaan yang terlalu signifikan.

Lalu apa saja detail spesifikasi yang akan disematkan ke dalam dua konsol yang digadang-gadang sebagai Next-gen Console ini, Jadi mari kita simak langsung saja rangkuman Mantragame untuk perbandingan dari kedua spesifikasi konsol PlayStation 5 dan juga Xbox Series X.

CPU

Untuk bagian CPUnya kedua konsol ini menggunakan CPU khusus yang telah dibuat dengan menggunakan mikroarsitektur dari perusahaan ternama AMD, yakni AMD Zen 2, mikroarsitektur yang sama yang digunakan oleh generasi ke tiga CPU Ryzen untuk PC.

Perbedaan di CPU ini terletak pada clock speednya, di mana untuk PlayStation 5 yang menggunakan Custom Zen 2 CPU dengan delapan core pada kecepatan 3.5 GHz, sedangkan untuk Xbox Series X menggunakan dapurpacu Custom Zen 2 CPU dengan delapan core pada kecepatan 3.8 GHz.

Pihak Xbox menjelaskan bahwa CPU milik mereka ditetapkan di frekuensi 3,8 GHz untuk game-game yang bergantung pada single core, sedangkan untuk game-game yang memerlukan banyak core, akan menjadi turun di frekuensi 3,66 GHz.

Sedangkan untuk konsol PlayStation 5, pihak Sony menjelaskan bahwa CPU dan GPU konsol milik mereka tersebut sebenarnya akan dapat berjalan dengan frekuensi yang bervariasi. Jadi, konsol PS5 ini akan menyesuaikan frekuensinya sesuai dengan yang dibutuhkan dalam menjalankan satu game.

GPU

Sama dengan perihal di bagian CPU, untuk bagian GPU ini, kedua konsol kali ini sama-sama memilih kembali menggunakan buatan dari AMD, di mana konsol PlayStation 5 menggunakan Custom RDNA 2 10.28 TFLOPS, 36 CUs di angka 2.23 GHz, sedangkan dengan rivalnya Xbox Series X menggunakan Custom RDNA 2 12 TFLOPS, 52 CUs di angka 1.825 GHz.

Seperti yang bisa dilihat, Xbox Series X untuk kali ini mempunyai keunggulan sebanyak 52 unit komputasi jika dibandingkan dengan PS5 yang hanya memiliki 36 unti komputasi.

TFLOPS atau bisa disebut dengan Teraflop, adalah satuan ukuran kecakapan matematis dari prosesor. Untuk setiap Teraflopnya, prosesor mampu untuk menghitung sampai satu triliun perhitungan floating-point per detiknya.

Semakin banyak Teraflops yang didapat, maka semakin banyak pula kekuatan komputasinya. Dan semakin banyak daya komputasi yang didapat, maka semakin baik pula prosesor untuk bisa melakukan proses mengubah matematis kompleks kedalam bentuk visual yang bagus.

RAM

Untuk bagian memory RAM, kedua konsol ini sama-sama menggunakan RAM sebesar 16GB tipe GDDR6, namun untuk bus memori milik PlayStation 5 lebih sempit dibanding dengan Xbox Series X, yakni diangka 256mb dibanding dengan Xbox Series X yang sebesar 320mb, yang berarti akan ada lebih banyak jalur lalu lintas untuk data yang tersedia di konsol XboX.

Penyimpanan Internal

Pada bagian inilah terjadi perbedaan diantara konsol ini yang cukup signifikan, di mana untuk PlayStation 5 menggunakan Custom sebesar 825GB SSD dengan 5.5GB/s (Raw), Typical 8-9GB/s (Compressed) IO throughput, sedangkan untuk Xbox Series X, mengguanakan media penyimpanan sebesar 1TB Custom NVME SSD with 2.4 GB/s (Raw), 4.8 GB/s (Compressed) IO throughput.

Kesimpulan yang didapat dari perbedaan diatas tersebut adalah konsol PS5 akan bisa berjalan sangat cepat, bahkan sampai dua kali lebih cepat dibanding dengan SSD milik Xbox Series X.

Yap!!! Itulah dia perbedaan dari spesifikasi kedua Next-gen Console yang kabarnya akan segera dirilis tahun ini, PS5 dan juga Xbox Series X. Walaupun di sebagian besar sektor konsol Xbox bisa untuk mengungguli hanya sedikit lebih baik, akan tetapi konsol PS5 bisa meninggalkan jauh Xbox Series X pada bagian kecepatan SSDnya. Lalu, apakah konsol PS5 bisa dikatakan lebih unggul dibanding dengan Xbox Series X? Hal itu masih belum dapat disimpulkan sampai kedua konsol ini dirilis dan bisa kita coba ya guys!!!

Share Halaman ini Jika Kalian Suka

See the world through my lens All pictures are mine © "Diliat-liat aja dulu, siapa tau jodoh... "

Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.