Samsung Galaxy A71, Hp Level Menengah yang Ciamik
AndroidgadgetNews

Samsung Galaxy A71, Hp Level Menengah yang Ciamik

Samsung Galaxy A71 adalah sang kakak dari Galaxy A51 yang sebelumnya sudah Mantragame review. Smartphone ini juga adalah sang penerus dari seri smartphone sebelumnya, yakni Galaxy A70 yang sudah dirilis terlebih dahulu pada bulan Mei tahun 2019 lalu. Jika dilihat dari waktu perilisan pendahulunya, artinya Galaxy A71 ini belum genap setahun dirilis ke pasaran. Hal ini jelas menjadi tanda bahwa pihak Samsung sudah siap untuk adu kelas dengan para pesaingnya di dunia smartphone.

Satu hal penting yang menjadi pertanyaan, apakah Samsung Galaxy A71 ini bisa tampil leboh dominan ketimbang merk lain yang sudah lebih dulu terjun dan memiliki reputasi yang cukup baik di level mid range?

Performa Flagship

Sumber : Samsung

Dengan sedang berkembang pesatnya tren dari mobile gaming, kinerja dari suatu smartphone saat ini pun menjadi salah satu pertimbangan yang utama saat orang ingin membeli sebuah smartphone. Maka dari itu, ada banyak orang yang saat ini sudah tidak ragu lagi untuk membeli smartphone walau dengan harga tinggi sekalipun hanya untuk bisa mendapatkan kualitas yang terbaik.

Terlebih, game mobile saat ini sudah tidak ragu lagi untuk memberikan tampilan visual yang memukau dan memanjakan mata serta pengalaman bermain yang terbaik. Game-game mobile dengan judul seperti PUBGM, CODM, Dragon Raja adalah salah satu game yang kini menuntut spesifikasi smartphone yang mumpuni.

Samsung pun memberikan jawabannya, Galaxy A71 ini sudah mampu untuk memenuhi kebutuhan kalian akan performa yang prima. Chipset Qualcomm Snapdragon 730G dengan embel-embel G di belakangnya pun mampu untuk tampil sesuai dengan ekspektasi. Untuk kualitas, sejujurnya memang masih belum bisa dibilang berada pada tingkat ekstrem seperti Hp pada level flagship, namun Hp ini tetap mampu untuk selalu tampil stabil.

Saat Hp ini dicoba untuk bermain game-game berat seperti Free Fire, PUBGM, CODM dengan konfigurasi maksimal. Smartphone ini berhasil tampil tanpa cela. Semuanya hampir terasa halus tanpa harus membuat Hp menjadi terasa panas, walapun menggunakan setting High FPS alias high-frame rate (HFR) sekalipun.

Selain itu, Galaxy A71 ini juga dihadirkan dengan pilihan RAM sebesar 8GB yang terbilang cukup tinggi di kelasnya. Besarnya ukuran RAM yang disediakan oleh smartphone ini pun berhasil membuat hape ini bisa diandalkan untuk keperluan multitasking dalam pemakaian sehari-hari seperti sekedar untuk internetan atau berfoto sekalipun.

Fast Charging

Sepertinya akan percuma apabila smartphone kekinian tidak didukung oleh kapasitas baterai yang besar guna bisa bermain game sampai berjam-jam lamanya. Ditambah lagi, dengan makin canggihnya teknologi dan juga tingginya performa juga mau tak mau menjadi menuntut Hp untuk bekerja lebih keras lagi.

Terlebih, tuntutan multitasking seperti internetan atau bahkan sampai dengan tethering hotspot saat sedang bermain akan membuat tenaga Hp menjadi cepat terkuras. Tanpa adanya baterai yang memiliki daya yang besar, semua hal itu pun akan menjadi berkurang nikmatnya.

Samsung pun memberikan kembali jawaban untuk kebutuhan akan daya yang besar pada smartphone Galaxy A71 ini. Smartphone satu ini dibekali dengan baterai yang mempunyai kapasitas jumbo, yakni sebesar 4.500 mAh. Tidak cuma memiliki daya yang besar, baterai ini pun juga bisa melakukan pengisian daya yang cepat karena didukung dengan pengisian daya cepat alias fast charging sebesar 25 W.

AMOLED yang Memanjakan Mata

Sumber : Samsung

Penyematan layar AMOLED pada Samsung Galaxy A71 ini pun bisa dikatakan menjadi salah satu keunggulan tersendiri untuk hape ini agar bisa bersaing di level mid range. Hal ini tentunya karena tak hanya mampu menampilkan warna yang detail dan juga jernih, layar AMOLED ini juga memiliki frame per second (FPS) dan juga response time yang jauh lebih cepat sehingga akan sangat mendukung tampilan visual yang sempurna saat kalian bermain game.

Galaxy A71 ini akan membuat kalian menjadi lebih puas lagi dengan ukuran layarnya yang berdimensi 6,7 inci yang luas dengan rasionya yang sebesar 20:9 dan juga resolusi layar yang berukuran 1080 x 2400 pixel.

Tidak cuma sekedar tampil cantik dengan dimensinya yang lebar, akan tetapi kepuasan dari bermain game akan naik level dengan efisiensi daya dari layar AMOLED. Karena, layar tipe ini bisa lebih menghemat daya sampai dengan 10 kali lipat jika dibanding dengan layar tipe IPS LCD.

Kamera yang Memuaskan

Sumber : Samsung

Tidak hanya berhasil tampil maksimal disoal performa dan daya, Galaxy A71 ini juga semakin terasa istimewa karena kamera dengan format baru yang diusung oleh Samsung. Karena, Hp ini tampil dengan tampilan empat kamera yang masing-masing terdiri dari satu lensa utama wide (64 MP), lensa ultrawide (12 MP), lensa makro (5 MP), dan terakhir ada lensa bokeh (5 MP).

Kehadiran dari lensa makro 5 MP ini bisa dikatakan menjadi penyempurnaan yang terbaik dari Hp seri yang sebelumnya. Karena, lensa makro ini membuat hasil gambar yang ditangkap menjadi lebih detail, khususnya dari jarak pengambilan yang sangat dekat. Efek bokehnya pun kali ini menjadi terasa lebih alami pada pengambilan gambar jarak dekat.

Kamera depannya pun juga tak mengecewakan. Kamera selfie Galaxy A71 ini mampu untuk menampilkan hasil foto yang terlihat sangat jernih. Kameranya pun juga sudah didukung dengan fitur HDR sehingga bisa membuat gambar menjadi lebih detail.

Desain yang Menarik

Melalui Galaxy A71 ini, Samsung seolah-olah ingin lebih menekankan lagi bahwa mereka adalah pemain yang harus diperhitungkan kehadirannya di level menengah. Smartphone besutan dari perusahaan elektronik raksasa asal Korea Selatan ini tidak lagi ditampilkan dengan kesan mewahnya, misalnya dengan casing yang dibalut menggunakan bahan metal atau layar curved. Kini, semuanya harus direlakan demi mengedepankan fungsional yang selaras dengan gaya hidup kekinian.

Hal ini bisa terlihat jelas pada desain Galaxy A71 yang tampilannya yang lebih membumi dengan balutan casing plastik. Akan tetapi, langkah yang diambil tersebut tidak serta merta menjadikan hape ini tampak murahan. Karena, pihak Samsung berhasil mengakalinya dengan lihai dengan menggunakan aksen metalik yang memberikan kesan pantulan cahaya pelangi pada body belakang smartphone yang membuat Hp ini selalu tampil elegan.

Selain itu juga, terdapat beberapa fitur yang penting yang bisa membuat Galaxy A71 ini menjadi sangat patut untuk diperhitungkan di level mid range. Contohnya seperti sensor fingerprint in-display dan juga sistem audio Dolby Atmos, fitur-fitur kelas premium yang biasanya ada di Hp level flagship.

Jika dilihat dari spesifikasi dan juga keunggulan yang dibawa oleh Samsung, Hp Galaxy A71 ini bisa menjadi salah satu pilihan yang patut untuk kalian perhitungkan. Hp ini akan sangat cocok untuk kalian yang gemar bermain game dan tidak ingin meninggalkan fitur pendukung lainnya.

Dengan banderol sebesar Rp6.099.000 yang dipasang oleh Samsung, Galaxy A71 ini sepertinya akan mampu untuk membuat kalian terpuaskan dengan performanya, layar lebarnya, kamera yang semakin mewah, dan juga baterainya yang akan membuat kalian bisa melakukan semua hal dengan lebih leluasa.

Share Halaman ini Jika Kalian Suka
Review Smartphone

Samsung Galaxy A71 ini sepertinya akan mampu untuk membuat kalian terpuaskan dengan performanya, layar lebarnya, kamera yang semakin mewah

  • Desain
  • Performa
  • Baterai
User Rating: 0 ( 0 Votes )

See the world through my lens All pictures are mine © "Diliat-liat aja dulu, siapa tau jodoh... "

Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.