PC Vs Konsol, Mana yang Lebih Baik ??!!
gadgetOnline PCPlaystationTips and Trick

PC Vs Konsol, Mana yang Lebih Baik ??!!

Dalam artikel kali ini Mantragame memiliki sebuah topik yang menarik yang luar biasa seru untuk kita bahas. Artikel ini dibuat karena merasa lucu dengan para PC gamer fanboy dan konsol gamer fanboy. Keduanya saling beradu argument hanya untuk menentukan manakah yang lebih baik antara PC Vs konsol untuk memainkan sebuah game.

Pandangan dari para gamer konsol, PC itu merupakan platform yang payah karena di PC mereka tidak bisa untuk memainkan berbagai game eksklusif yang hanya diciptakan oleh developer untuk konsol saja. Sedangkan pandangan dari para PC gamer, kenikmatan bermain game yang hakiki hanya akan bisa dirasakan dengan maksimal jika bermain menggunakan PC sehingga muncullah jargon PC Master Race.

Perdebatan yang seperti ini sebenarnya tidaklah penting sama sekali, inti yang sebenarnya kan sama saja yaitu sama-sama bertujuan untuk main game.

Maka dari itu Mantragame kali ini akan membahas mana yang sebaiknya kalian pilih untuk bermain game, PC atau konsol. Selain itu artikel ini juga bertujuan untuk membantu kalian mempertimbangkan dalam memilih bila kalian berniat untuk membeli salah satunya antara PC atau konsol.

Untuk kalian ingat, artikel ini dibuat bukan dengan tujuan untuk diperdebatkan dan bacalah dengan penuh pemahaman serta kedewasaan kalian. Oke mari kita mulai!!!

BUDGET

Budget adalah hal paling pertama dan juga yang utama untuk kalian perhatikan dalam menentukan mana yang lebih baik antara membeli PC atau konsol. Anggap saja kalian memiliki budget sekitar 5 juta dan kalian bingung untuk memilih antara PC atau konsol untuk kalian beli, jawabannya tentu bisa keduanya.

Budget sejumlah 5 juta ini bisa kalian gunakan untuk membeli konsol karena rata-rata harga konsol saat ini adalah disekitaran 4,9 juta atau bisa lebih murah dan biasanya dengan bonus satu buah kaset game.

Jika kalian ingin bermain game kesukaan kalian diresolusi yang lebih tinggi misalkan diresolusi 4K, kalian cukup mengeluarkan uang sebesar 6,5 juta rupiah dan sudah bisa membeli PS4 PRO.

Sedangkan budget 5 juta sebenarnya juga bisa kalian gunakan untuk membeli PC yang cukup untuk bermain game.

Cukup di sini bukan dalam artian kalian akan bisa melibas semua game dengan settingan rata kanan ya guys. Cukup di sini adalah mungkin kalian akan bisa bermain dengan settingan medium atau low jika bermain diresolusi 1080p atau untuk settingan yang lebih baik jika kalian bermain di resolusi 720p.

Untuk platform PC sendiri, dengan budget 6,5 juta rasanya sangatlah mustahil untuk bisa bermain game diresolusi 4K guys, atau bahkan hanya sekedar untuk bermain game level AAA terbaru saat ini.

Jika kalian adalah tipe gamers yang menuntut banyak hal, semisalnya harus bermain dengan pengalaman yang terbaik dengan budget 5 juta saja sangat disarankan untuk kalian agar lebih memilih konsol.

MOBILITAS

Konsol sepertinya memiliki mobilitas yang lebih baik dibandingkan dengan PC, apalagi jika kita adalah seorang gamers yang sering bepergian atau gemar dengan travelling. Akan tetapi hal yang disebut tadi bisa juga berubah, karena di zaman yang serba keren seperti sekarang ini, baik PC ataupun konsol sesungguhnya sama-sama memiliki mobilitas yang baik.

Apabila konsol bisa dibawa kemanapun kalian pergi, lalu kenapa PC tidak? solusinya adalah kita bisa untuk membuild PC dengan model mini-ITX. Bahkan jika kalian bisa memilih komponen dengan tepat, PC mini ITX akan bisa lebih kecil daripada konsol loh.

Akan tetapi kendalanya ada satu, yakni PC mini ITX memiliki harga yang cukup mahal untuk komponen-komponennya. Tapi untuk kalian para sultan yang mempunyai budget lebih, hal ini tentunya bukan suatu masalah yang berarti untuk kalian.

HARGA GAME

Harga sebuah game di sini sepertinya menjadi pembahasan yang tentunya tak boleh terlewatkan. Baik dari PC dan konsol memiliki cara untuk membeli game yang berbeda dan juga menarik mulai dari kaset fisik maupun dari download. Sepertinya sudah bisa kalian tebak bahwa untuk perihal harga game, sepertinya PC lebih unggul dari segi apapun.

Memang sebenarnya PC kalah dalam hal eksklusifitas game akan tetapi pada kenyataannya saat ini, masih banyak game AAA yang juga dihadirkan di PC oleh para developer sehingga alasan eksklusifitas ini bukanlah sebuah masalah yang serius bagi para PC Fanboy. Bila kalian dituntut untuk bisa mengeluarkan uang yang banyak untuk membeli sebuah game konsol, maka gamer PC boleh berbangga hati karena disini lebih beruntung.

Sejak Steam hadir, gamers PC seperti sangat dimanjakan karena di Steam banyak sekali terdapat diskon game original secara gila-gilaan. Contohnya saja seperti game Mortal Kombat XL untuk konsol, kalian perlu membelinya dengan harga di 350 ribu rupiah. Sedangkan kalian bisa membeli untuk versi PCnya via Steam hanya dengan harga 135 ribu rupiah saja.

Memang kalian harus menunggu download lagi yang cukup lama karena semua game di Steam bersifat soft file, akan tetapi itu bukanlah masalah yang besar karena harga yang kalian bayarkan sangat murah.

MULTIMEDIA DAN FUNGSI LAINNYA

Saat ini konsol bukanlah platform yang hanya bisa kalian manfaatkan untuk bermain game saja seperti zaman dulu. Konsol saat ini telah menjadi sebuah gaya hidup karena di dalamnya terdapat banyak sekali fungsi multimedia yang bisa kalian nikmati, contohnya seperti netflix, Youtube, Spotify dan lain-lain.

Jika kalian memiliki koneksi internet yang baik dan kuota yang tak terbatas, konsol bisa menjadi hiburan yang luar biasa menarik untuk kalian. Akan tetapi sayang sekali, konsol bukanlah alat yang cukup untuk membantu kalian dalam menyelesaikan tugas, PR, atau pekerjaan semacamnya.

Hal ini tentu saja berbanding terbalik dengan PC. PC adalah salah satu alat yang bisa menyediakan ke kalian perangkat multimedia yang terbaik.

Kalian bisa mengetik, mengedit foto dan video, menonton Youtube, berselancar diinternet, dan banyak hal lainnya yang tidak bisa dilakukan di konsol. Akan menjadi sebuah paket lengkap jika part yang kalian gunakan di PC tersebut adalah perangkat level high end yang akan membuat kalian siap melibas berbagai game di segala resolusi dengan rata-rat FPS yang jauh diatas konsol.

Bila kalian adalah seseorang sultan yang sibuk dengan pekerjaannya dan juga kalian adalah seorang gamers, maka sangat disarankan kepada kalian untuk membeli PC saja. Tapi bagi kalian anak sekolahan, atau orang yang tak punya banyak tugas yang berhubungan dengan komputer, dan masih meminta uang kepada orang tua kalian, mungkin konsol adalah jawaban untuk kalian.

Kesimpulannya yang bisa kita tarik dari pembahasan PC Vs konsol ini adalah, baik PC ataupun konsol sebenarnya sama-sama bagus karena keduanya memiliki kegunaan dan keunggulanya masing-masing. Bagi kalian para gamers enthusiast namun memiliki dana yang terbatas, konsol bisa menjadi jawaban kalian dan menjadi pilihan yang sangat bijak. Tapi untuk kalian yang sudah bekerja namun memiliki hasrat yang tinggi dalam bermain game, PC adalah pilihan yang terbaik untuk kalian. Yang terpenting adalah untuk PC bisa kalian upgrade dikemudian hari dengan komponen-komponen keluaran terbaru tanpa harus membeli kembali 1 buah perangkat secara full.

Selain itu juga baik PC Vs konsol memiliki kelemahan dan kelebihannya masing-masing. Tentunya itu adalah hal yang sangat wajar karena yang namanya teknologi pastilah selalu memiliki plus dan minusnya.

Demikian lah artikel PC Vs konsol ini, jadi bagaimana ?? Kalian tim PC atau tim Konsol ?? tulis komentar kali dibawah yaa!!

Share Halaman ini Jika Kalian Suka

See the world through my lens All pictures are mine © "Diliat-liat aja dulu, siapa tau jodoh... "

Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.