Lokapala Rilis, Game Asli Karya Anak Bangsa
Android AppsNewsSports

Lokapala Rilis, Game Asli Karya Anak Bangsa

Kita sebagai warga negara Indonesia, khususnya para gamer dari Indonesia patut berbangga dengan kemajuan dari developer game lokal kita. Tepat pada Hari Kebangkitan Nasional Indonesia yang jatuh pada tanggal 20 Mei kemarin, Developer game lokal yang bernama Anantarupa Studios bekerja sama dengan Oolean Game secara resmi telah meluncurkan game MOBA yang berjudul Lokapala. Sekadar info untuk kalian semua, game ini adalah game MOBA Android pertama yang dibuat oleh Developer game lokal. Yuk simak ulasan dari Mantragame berikut ini.

Untuk perilisan game ini mereka lakukan melalui siaran langsung dari kanal resmi YouTube Lokapala MOBA mengingat karena dari pandemi COVID-19 ini yang masih mewabah sampai saat ini. Walaupun begitu, peluncuran dari game ini tetap terlaksana dengan meriah dan dihadiri oleh sejumlah pejabat Indonesia seperti Jerry Sambuaga yang menjabat Wakil Menteri Perdagangan, sampai dengan Direktorat Jendral Kebudayaan, Hilmar Farid.

Dalam sambutan pembuka, Jerry sangat yakin dan antusias serta optimis dengan perilisan game Lokapala ini. Menurutnya, game Lokapala akan mampu untuk menjual nama baik Negara Indonesia dalam industri video game dan juga esports di pasar global.

“Saya mendapatkan amanah secara langsung dari Bapak Presiden kita, Joko Widodo agar saya bisa untuk mencari pasar-pasar yang potensial. Kami sangat-sangat mengapresiasi game Lokapala ini sebagai game esports pertama yang 100% hasil dari karya anak bangsa kita. Maka dari itu, saya berharap game ini akan bisa menjadi tonggak sejarah baru,” ucap Jerry.

Selaku CEO dari Anantarupa Studios, Ivan Yeo optimis game Lokapala bisa untuk diterima oleh para gamer di Indonesia. Seperti yang dituturkan, game ini juga diharapkan bisa menjadi perantara yang baik untuk memperkenalkan video game sebagai suatu hal yang positif, terutama Lokapala sebagai game hasil buatan anak bangsa Indonesia.

“Alasan yang paling utama dari kami kenapa merilis game ini adalah karena kami melihat ada banyak sekali game-game MOBA esports yang hadir di Indonesia, akan tetapi tidak ada satupun dari semua game tersebut yang merupakan hasil dari karya anak bangsa kita. Maka dari itu kami menciptakan game ini sekaligus juga bertujuan untuk memperkenalkan tokoh-tokoh sejarah dan juga mitologi-mitologi dari Nusantara ke dunia,” jelas Ivan dalam acara peluncuran kemarin.

Untuk sekadar info, game Lokapala ini sebenarnya sudah sempat mereka luncurkan pada awal tahun ini. Tapi untuk perilisan tersebut masih berstatus beta test dan belum semua kontennya dirilis. Ivan pun mengatakan bahwa mereka menjadikan fase beta ini untuk bisa menyempurnakan game yang diakuinya telah mereka kembangkan dalam waktu dua tahun.

Lebih detail dan mendalam lagi, Ivan mengatakan bahwa Lokapala ini akan membawa fitur-fitur khas yang tidak ada atau jarang ditemukan pada game-game MOBA kebanyakan. Salah satunya adalah dengan adanya Rakshasa, neutral creep yang bisa kita kendalikan setelah berhasil kita kalahkan. Ada juga fitur lainnya yang bernama Vahana yang akan membuat gerakan Ksatriya menjadi lebih cepat, Ksatriya adalah sebutan untuk Hero di game ini. Selain itu juga ada beberapa fitur yang khas yang akan kalian temukan di dalam game ini seperti Ganking Lane dan juga The Ancient One.

Selebihnya lagi, game Lokapala ini akan mengusung gameplay yang serupa dengan game MOBA lain pada umumnya. Total terdapat 15 Ksatriya yang bisa kalian mainkan pada saat ini, yang sudah dibagi kedalam enam Loka atau role dan juga kedalam delapan unsur yakni spesialisasi dari paa Ksatriya. Terdapat juga sistem Yantra yang berfungsi seperti halnya sistem emblem yang ada didalam game Mobile Legends.

Jika dilihat secara kompetitif, game Lokapala ini juga menyediakan sistem Rank yang akan mereka bagi kedalam beberapa bagian kasta. Hal yang menarik lainnya adalah, Anantarupa juga berkomitmen di skema esports dengan mereka yang sudah siap untuk mengadakan berbagai turnamen yang akan mereka selenggarakan dalam waktu dekat ini.

Salah satu turnamen terkini yang telah mereka siapkan adalah turnamen “Ksatriya Pilih Tanding”. Turnamen yang akan mereka adakan secara online ini akan membawa tema “Stay at home, play at home, and help from home.” yang akan disesuaikan dengan kondisi kita saat ini. Nantinya, akan diadakan event funding yang hasilnya akan mereka sumbangkan kepada tenaga-tenaga medis serta untuk penanganan COVID-19.

Selain rencana turnamen yang disebut diatas, Anantarupa juga sudah memaparkan rencana-rencana esports Lokapala dalam kurun waktu beberapa bulan ke depan ini, mulai dari bulan Juni sampai dengan bulan Desember tahun 2020. Turnamennya pun akan mereka bagi ke dalam tiga tier, yakni Mini, Minor, dan juga Major. Selain itu, game Lokapala ini juga akan dihadirkan sebagai cabang olahraga pada ajang Piala Menpora 2020 nanti yang akan diadakan pada bulan Mei hingga bulan Desember 2020.

Apakah kalian tertarik untuk bisa menjadi yang terbaik di game Lokapala ini ? Sampai pada saat ini, pihak Anantarupa hanya menyediakan gamenya untuk platform Android saja, sedangkan untuk platform iOS akan segera menyusul. Untuk Kalian yang ingin mencoba memainkan game ini bisa mengunduhnya langsung di Google Play Store.

Share Halaman ini Jika Kalian Suka

See the world through my lens All pictures are mine © "Diliat-liat aja dulu, siapa tau jodoh... "

Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.