Ghost of Tsushima, Game yang Wajib Di Mainkan ?
ActionAdventurePlaystation

Ghost of Tsushima, Game yang Wajib Di Mainkan ?

Setelah sebelumnya merilis game yang sempat menjadi trending dengan kontroversinya, The Last of Us Part 2. Game eksklusif lainnya milik PlayStation 4 (PS4) yang juga sangat di nantikan kehadirannya adalah Ghost of Tsushima. Game dengan nuansa “Jejepangan” yang bertema samurai yang kental, memang akan selalu mampu untuk menarik perhatian para gamers karena dari gaya bertarung yang khas dan juga dari ideologinya yang menjadi poin penting yang mampu untuk menambah keseruan bermain di dalamnya.

Sumber : Playstation.com

Satu hal lagi, perilisan dari game Ghost of Tsushima ini memang sudah lama dinanti-nantikan. Hal ini dikarenakan para penggemar yang merasa penasaran dengan format game samurai yang mengusung open world atau dunia terbuka. Kehadiran dari game Ghost of Tsushima ini pun menghadirkan tanda tanya di benak para penggemar setia konsol PS4.

Apakah game ini akan mampu untuk memenuhi ekspektasi para penggemar untuk menjadikan game ini sebagai game samurai dengan format dunia terbuka atau open worldnya ? Atau malah game ini tidak bisa lepas dari bayang-bayang game pendahulunya yakni Sekiro dan juga Nioh 2 yang hadir lebih dulu?

Yuk simak ulasan Ghost of Tsushima dari Mantragame dibawah ini!

Pengemasan Karakter yang Baik

Game dengan cerita latar belakang ala-ala Jepang memang selalu memiliki daya tariknya tersendiri bagi para gamer diseluruh penjuru dunia. Karena, game dengan setting Jepang ini akan kaya dengan unsur-unsur budaya dan juga sejarahnya.

Terlebih lagi jika kita membahas soal samurai atau juga ninja yang sampai saat ini masih dikenal baik oleh kalangan luas. Jadi tidaklah meherankan jika para gamer menjadi begitu tertarik dengan game ini yang memiliki latar dan juga kisah samurai yang menjadi sajian utama di game Ghost of Tsushima.

Pada judul game kali ini, kalian akan memainkan seorang karakter samurai dari wilayah Tsushima yang memiliki nama Jin Sakai. Jin Sakai adalah anak dari ketua dari salah satu klan yang paling berpengaruh pada wilayah tersebut, yakni klan yang bernama Sakai.

Untuk kalian ketahui, si pangeran muda ini telah menjelma menjadi sosok samurai yang sangat mematikan disebabkan karena masa lalunya yang kelam akibat dari bangsa Mongol yang mulai menginvasi daerah tempat ia tumbuh.

Saat kalian mulai memainkan Ghost of Tsushima ini, kalian akan melihat langsung proses perubahan dari karakter Jin Sakai ini. Karena, bermula dari seseorang yang memiliki ideologi samurai yang sangat kokoh namun pada akhirnya secara perlahan menjadi berubah guna beradaptasi dengan kondisi yang ada. Hal ini dikarenakan, Jin Sakai akan berhadapan dengan pilihan yang akan memunculkan konflik batin mendalam di dalam dirinya.

Jika dilihat dari perkembangan karakternya ini, kita akan dibuat terpesona dengan prosesnya yang tidak secara tiba-tiba dan membingungkan. Kalian akan benar-benar dibuat untuk bisa merasakan langsung bagaimana petualangan sang tokoh utama menghadapi berbagai macam konflik sampai pada akhirnya terciptalah sosok hantu dari wilayah Tsushima.

Saran untuk kalian yang akan memainkan game ini, kalian harus memperhatikan dengan seksama semua dialog dan juga kisah cerita yang ada di dalam game ini. Selain karena menarik, tiap dialognya juga mempunyai kesinambungan dengan setiap perubahan dari karakter yang sedang kalian mainkan ini.

Jika saja kalian sampai tidak memperhatikan sedikit, kemungkinan besar kalian akan menjadi bingung dengan perubahan Jin Sakai yang tidak lagi sama seperti pada awal game.

Penampakan Visual yang Luar Biasa

Sumber : Playstation.com

Harus kita akui, walaupun proses dari pengembangan game ini memakan waktu yang lama, namun berhasil terbayar lunas dengan tampilan grafiknya yang sangat memukau. Penggambaran secara detail dari wilayah Jepang zaman kuno yang juga lengkap dengan diisinya pemandangan persawahan dan juga bunga yang berserakan di tanah yang akan membuat mata kalian tidak ingin berkedip sedikit pun.

Selain pemandangan dari hamparan sabana yang luas, detail yang diberikan juga akan sangat memanjakan mata kalian. Pergerakan dari rumput yang bergoyang terkena hembusan angin atau bunga dan juga daun yang sedang berguguran juga merupakan hal-hal kecil namun mampu untuk membuat grafis game ini menjadi sangat indah dan memanjakan mata kalian.

Berpindah dari soal keindahannya, nantinya kalian juga bisa menelusuri ke desa-desa lainnya yang ada didalam wilayah Tsushima. Pemandangan yang mengerikan yang diakibatkan dari sisa penjajahan bangsa Mongol akan membuat bulu kuduk kalian menjadi merinding.

Sedikit bocoran untuk kalian, selain kalian akan menemui keindahan seperti yang sudah disebutkan diatas tadi, kalian juga akan dihadapkan dengan suasana yang menyeramkan, dimana kalian akan menemukan pemandangan desa dimana warga desa disana yang ditancap dengan tombak dan juga pedesaan yang sudah hangus terbakar sampai dengan mayat yang tergeletak begitu saja di tengah jalan.

Semua wilayah yang ada di Tsushima juga memiliki keistimewaannya masing-masing, saat kalian sedang berkeliling atau sedang menjalani misi, kalian pasti akan bisa melihat pemandangan yang begitu indah sampai dengan pemandangan yang mencekam yang berarti desa tersebut sudah ditaklukkan oleh bangsa mongol.

Bermain Barbar atau Santai

Dalam game Ghost of Tsushima ini, kalian bisa memilih bagaimana cara kalian dalam memainkan sang karakter di game ini. Kalian bisa mengikuti cara bertarung samurai dengan cara barbar atau secara terang-terangan saat menyerang musuh atau justru kalian ingin bermain ala-ala ninja, yakni dengan cara bermain santai dengan cara mengendap-ngendap.

Pada game ini akan terdapat empat stance atau kuda-kuda yang memiliki kegunaannya masing-masing. Masing-masing stance ini bisa kalian pakai saat menghadapi musuh-musuh tertentu, salah satu contohnya adalah Moon Stance yang bisa kalian gunakan saat melawan Mongol yang memiliki tubuh yang besar, lalu ada Water Stance yang bisa kalian gunakan saat melawan musuh yang menggunakan perisai.

Jika kalian mencoba menghadapi musuh dengan cara mengendap-ngendap, akan membuat penyelesaian misi menjadi sedikit lebih lama. Hal ini dikarenakan, kalian yang diharuskan untuk membunuh lawan satu-persatu. Jadi pilihan gaya bertarung ini sepenuhnya ada ditangan kalian. Karena dua gaya bertarung ini mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing

Wajib Menonton Cut Scene

Sumber : Playstation.com

Pada dasarnya, cut scene memang akan selalu ada di semua game yang kita mainkan, guna membantu kita untuk mengetahui alur cerita dari game yang sedang kita mainkan. Lalu biasanya, setelah adegan cut scene selesai, maka akan ada penjelasan yang lebih lanjut dengan bertujuan agar kita bisa mengetahui misi yang harus kita jalani selanjutnya. Jadi terkadang jika kita memilih untuk tidak menonton cut scene tidak akan membuat kita menjadi bingung dan kehilangan arah saat menjalankan misi.

Nah, hal yang berbeda akan kalian temukan di game Ghost of Tsushima ini. Kalian tidak akan menemukan tombol skip di dalam game ini, jadi sudah dipastikan kalian harus menonton sampai selesai semua adegan-adegan yang sudah dibuat oleh sang developer game, Sucker Punch.

Permasalahannya adalah, tidak semua cut scene yang diberikan adalah cut scene yang penting untuk disaksikan. Contohnya saja saat kita sedang menjalani sebuah misi sampingan. Kalian harus menyaksikan kesulitan yang dialamin dari salah satu warga desa yang sedang kalian coba untuk tolong. Padahal, jika saja kita bisa meng-skip adegan cut scene tersebut, kita juga akan tetap paham terhadap misinya.

Sedangkan untuk misi utamanya, kalian memang diwajibkan untuk menonton cut scene sampai habis, karena akan berisikan dengan cerita yang akan terus menyambung sampai ke akhir perjalanan misi. Jadi untuk kalian yang ingin memainkan game ini, kalian memerlukan waktu yang cukup senggang jika kalian ingin menyelesaikan semua misi dan juga ditambah dengan menonton semua skenarionya.

Mythical Quest yang Menarik

Game Ghost of Tsushima ini memiliki tiga jenis misi didalamnya, yakni Story of Jin Sakai, Tale of Tsushima, dan juga Mythical Quest. Nah ketiga quest ini mempunyai perannya tersendiri di dalam game. Tapi, sepertinya Mythical Quest memiliki deretan tantangan dan juga hadiah yang lebih menarik.

Karena jika kalian hanya fokus terpaku dengan misi utamanya saja secara terus menerus, mungkin kalian akan menjadi bosan karena harus selalu melakukan perjalanan yang cukup jauh, sudah melawan musuh yang cukup sulit, akan tetapi hadiah yang didapatkan dari misinya hanya hadiah yang biasa saja.

Berbeda dengan Mythical Quest, di Mythical Quest ini sudah disediakan dengan hadiah yang lebih menarik dan juga memiliki ragam musuh yang akan lebih membuat kita menjadi penasaran.

Salah satu contohnya adalah saat kita harus melawan salah satu seorang samurai legendaris yang menciptakan gerakan Heavenly Strike guna untuk mendapatkan jurus tersebut.

Ada juga misi yang membuat kita harus mencari sebuah armor kuno yang pernah digunakan oleh salah satu pemanah paling tersohor didaerah Tsushima. Jika sukses menyelesaikan misi tersebut, nantinya objek dari misi yang kita selesaikan tersebut akan bisa kita gunakan di dalam pertarungan seterusnya.

Namun hal tersebut tidak membuat misi utama menjadi tidak penting. Karena jika kalian ingin menamatkan game Ghost of Tsushima ini, tentunya kalian harus menyelesaikan semua misinya.

Jika dilihat secara menyelurh, game Ghost of Tsushima ini adalah game yang sangat layak untuk kalian coba untuk mainkan dan menjadi sebagai salah satu game eksklusif PS4 yang wajib kalian beli ditahun 2020 ini.

Share Halaman ini Jika Kalian Suka
Review Game

Game eksklusif lainnya milik PlayStation 4 (PS4) yang juga sangat di nanti-nantikan kehadirannya adalah Ghost of Tsushima.

  • Desain Game
  • Kemudahan Bermain
  • Keseruan Bermain
User Rating: 0 ( 0 Votes )

See the world through my lens All pictures are mine © "Diliat-liat aja dulu, siapa tau jodoh... "

Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.