Game Bajakan Vs Original, Pilih Mana ??
EducationalGame Offline PCOnline PCTips and Trick

Game Bajakan Vs Original, Pilih Mana ??

“Makanya jangan sering ngebajak”, “Tabung donk buat beli game original, susah amat”, ini argumen yang memang selalu dilempar tiap kali ada perdebatan yang membahas soal publisher yang tidak mau merilis game mereka di PC atau platform yang lain. Memang jadi fakta yang tak bisa terbantah, jika topik game bajakan vs original masih jadi scene yang umum di kalangan gamer Indonesia.

Pertama tentu saja karena ada permintaan yang besar, yang kalau dikaitkan dengan ilmu ekonomi, akan selalu berakhir dengan penawaran dan berakhir jadi pasar yang masif. Kita bisa bertemu dengan orang-orang yang menjual game bajakan secara terbuka.

Kedua, memang mau tidak mau harus dikaitkan dengan akses internet di Indonesia yang lebih cepat, mudah, dan murah daripada 10 atau 20 tahun yang lalu misalnya. Kita cukup tinggal googling, ngeklik link, dan voila! dapat game gratis. Pemerintah kita juga tidak punya konsekuensi yang tegas jika sudah mengenai soal pembajakan. Ini menjadi semacam siklus mematikan yang memang tidak ada ujungnya.

Secara moral dan etika, pembajakan memang tidak berbeda dengan mencuri, karena kita menggunakan sebuah produk komersial hasil kerja keras orang lain yang seharusnya dijual dengan harga tertentu, secara gratis. Tapi menariknya, pembajakan juga mendorong negara-negara terbelakang untuk bergerak maju mengikuti negara-negara dunia pertama. Hah? Bagaimana bisa? Percaya atau tidak, kasus inilah yang terjadi dengan pembajakan OS komputer paling top saat ini – Windows.

Negara-negara terbelakang yang penduduknya tidak punya cukup uang untuk mengeluarkan uang secara besar untuk OS ori, tetap memiliki kesempatan untuk belajar dan memaksimalkan kemampuan komputer mereka untuk bersaing secara global. Mereka jadi lebih siap untuk bersaing dan mengikuti tren industri itu sendiri. Kontroversi seperti ini yang selalu menjadi pembicaraan tiap kali perdebatan soal ori dan bajakan mengemuka.

Maka dari itu kali ini, Mantragame bakal membahas perbedaan dalam menggunakan game original dan bajakan.

Game Original

Selalu Mendapat Update dan Patch Terbaru

Untuk orang-orang seperti kita, yang selalu menginginkan update terbaru pada semua gadget, yang selalu membuka semua notifikasi, sangatlah gatal apabila terdapat update terbaru namun kita tidak bisa mendapatkannya.

Jangan menjadi tipe orang yang berkata, “Ah nanti saja updatenya, toh yang ini juga ga bermasalah.”. Apabila ada update, maka wajib hukumnya untuk mengupdate. Ini seperti suatu obsesi barangkali yah,

Terdapat kecurigaan kalau developer game sengaja membuat gamenya tidak sempurna ketika awal-awal dirlis, dengan tujuan hanya gamer original saja yang bisa mendapatkan patch, sehingga membuat yang bajakan meringis dan memperbesar kemungkinan mereka pindah haluan ke original.

Pada saat pengembang game mengeluarkan sebuah game baru, game tersebut biasanya tidak langsung sempurna. Tidak perlu jauh-jauh deh, yang namanya Windows saja pas dirilis tidaklah sempurna. Microsoft harus selalu melakukan update untuk memperbaikinya.

Sama seperti Windows, game juga perlu diupdate untuk dilakukan perbaikan. Dan layanan ini hanya bisa didapatkan bagi kamu yang telah membeli gamenya secara original. Bagi yang membeli secara bajakan, ya selamat menikmati bug-nya.

Bisa Bermain Online

Banyak para gamer yang terlanjur menjadi seorang Trophy Hunter, maka online bisa dikatakan wajib. Para gamer yang tidak begitu senang dengan permainan online, namun hampir semua game mempunyai trophy yang mengharuskan pemainnya untuk bermain online. Mau tidak mau bermain online merupakan kewajiban.

Selain itu, ini sebuah fakta bagus bagi kamu yang suka game seperti Battlefield, Call of Duty atau Overwatch. Faktanya hanya game original saja yang memiliki fitur untuk bermain secara online. Artinya kamu bisa memainkan game ini bersama dengan teman lain melalui internet.

Untuk bajakan, kamu sama sekali tidak bisa menikmati fitur ini. Jadinya ya permainan kamu mungkin akan sangat membosankan, karena hanya bisa dimainkan sendirian. Kalau gamenya sudah tamat, sudah deh nggak dimainin lagi gamenya.

Aman Dari Virus Dan Instalasi Mudah

Fakta selanjutnya adalah game bajakan kerap kali disusupi virus. Karena rata-rata game bajakan datanya sudah dimodifikasi. Selain itu, pada saat melakukan installasi kerap kali mengharuskan kamu untuk mematikan antivirus.

Hal ini berbeda dengan kamu yang membeli game original. Data game yang kamu dapatkan sudah pasti tidak disusupi virus, ataupula dimodifikasi. Karena memang data game yang kamu dapat itu adalah langsung dari pihak pengembang game.

Jika kita meng-install game bajakan, pasti ribet dengan cari serial number yang cocok. Ribet dengan cari crack yang cocok. Belum lagi aplikasi crack dan keygen disikat oleh antivirus karena mencurigakan.

Beli saja game original, instalasinya jelas lebih mudah dan tidak ribet. Misalnya dari Steam, kamu tinggal download steam launcher lalu install game yang kamu inginkan.

Membantu Developer Game

Untuk merilis sebuah game baru, para pengembang game pastinya membutuhkan dana. Dan dana ini didapatkan paling besar melalui penjualan kaset game. Tanpa dana, tentunya para pengembang game tidak akan lagi bisa mengeluarkan game-game baru.

Buat kamu yang mengaku gamer dan mencintai dunia game, seharusnya kamu mendukung industri ini. Dengan memakai barang bajakan berarti kamu tidak memberikan apa yang menjadi hak para developer. Para developer game jugalah manusia yang membutuhkan makan. Mereka mencari nafkah dari game yang dibuatnya.

Bagi kamu yang sudah membeli game original, selamat karena kamu telah membantu para pengembang game untuk mengeluarkan sebuah game baru. Bagi kamu yang membeli game bajakan, jika masih mau ada game baru sebaiknya kamu mulai melirik game original.

Game Bajakan

Harga Lebih Terjangkau

Tidak perlu diperdebatkan lagi, ini adalah faktor paling utama mengapa orang lebih memilih game bajakan. Titik.

Semisal game original murah (atau setidaknya terasa murah), maka bajakan bisa diprediksi tidak laku. Alasan utama orang pakai bajakan tidak lain tidak bukan adalah karena murah. Pembajakan hanya marak di negara-negara berkembang, yang notebene ekonominya tidak sekuat negara maju.

Di Amerika sana, kalau anda mau main game, ya udah tinggal beli aja. Selesai. Game original bukan barang mewah. Orang yang protes harga game mahal kalau bukan orang miskin ya orang yang tidak mampu menghargai usaha orang-orang di balik game tersebut.

Mudah Dibawa Kemana Mana

Saat seorang gamer kebingungan memilih antara game original atau bajakan, mereka akan memikirkan hal ini bahwa game bajakan itu mudah dibawa ke mana-mana dan tidak ribet. Maklum, game bajakan telah melewati sedemikian rupa proses sehingga pada akhirnya game ini bisa dibawa tanpa harus menggunakan user name atau yang lainnya.

Bahkan kita tidak perlu khawatir lupa password akun Steam kita misalnya, karena game bajakan tidak memerlukan hal ini. Selain itu game bajakan juga bisa digunakan dengan praktis, tinggal copy dan install kemudian kita bisa memainkan game ini lho. Berbeda dengan game original yang bisa dipindah ke PC tapi harus menggunakan akun yang sama untuk memainkan game tersebut.

Nah itu dia beberapa perbedaan mengenai game bajakan dan original. Jadi setelah membaca tulisan diatas, kamu team bajakan atau original ??

Share Halaman ini Jika Kalian Suka

See the world through my lens All pictures are mine © "Diliat-liat aja dulu, siapa tau jodoh... "

Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com