Game Bajakan Vs Original, Pilih Mana ??
EducationalGame Offline PCOnline PCTips and Trick

Game Bajakan Vs Original, Pilih Mana ??

“Makanya jangan sering ngebajak game dong!!!”, “Tabung dong duitnya buat beli game original, susah amat sih”, itulah argumen – argumen yang memang akan selalu dilempar tiap kali ada perdebatan diantara kalian para gamers yang membahas soal publisher yang enggan untuk merilis game mereka di PC atau platform yang lain. Memang menjadi fakta yang tak bisa terbantahkan, jika topik mengenai game bajakan vs original masih menjadi rahasia yang umum di kalangan para gamers di tanah air bahkan dunia.

Secara moral dan etika kita sebagai orang Indonesia yang kental dengan adat ketimurannya, pembajakan memanglah tidak berbeda dengan yang namanya mencuri, karena kita telah menggunakan suatu produk komersial hasil dari kerja keras orang lain yang seharusnya produk itu dapat dijual dengan harga tertentu, secara gratis. Akan tetapi hal yang menariknya adalah, pembajakan justru malah mendorong negara – negara terbelakang untuk segera bergerak maju untuk mengikuti negara – negara dunia pertama. Boleh percaya atau tidak, akan tetapi kasus inilah yang terjadi dengan pembajakan OS komputer paling top saat ini Windows milik perusahaan raksasa Microsoft.

Negara – negara yang terbelakang dari negara maju lainnya yang penduduknya tidak memiliki cukup uang untuk mengeluarkannya secara besar untuk membil OS Windows yang ori, akan tetap memiliki kesempatan yang sama dengan negara maju lainnya untuk tetap belajar dan memaksimalkan skill komputer mereka untuk dapat bersaing secara global. Mereka menjadi lebih siap untuk bisa bersaing dan tetap mengikuti tren industri itu sendiri. Kontroversi seperti inilah yang akan selalu menjadi pembicaraan setiap kali perdebatan soal game original dan bajakan mengemuka ke permukaan.

Maka dari itu kali ini, Mantragame bakal membahas perbedaan dalam menggunakan game original dan bajakan.

Game Original

Selalu Mendapat Update dan Patch Terbaru

Apabila ada update game, maka wajib hukumnya untuk kita untuk segera mengupdate gamenya jika ingin tetap bermain dengan lancar. Ini seperti suatu obsesi tersendiri barangkali yah.

Terdapat kecurigaan jika para developer game memang secara sengaja membuat game – game mereka tidak sempurna ketika saat awal perilisan, dengan tujuan agar hanya gamers yang membeli game original saja yang bisa mendapatkan patch terbaru, sehingga membuat yang menggunakan game bajakan meringis dan memperbesar kemungkinan mereka untuk bisa pindah haluan membeli game original.

Sama juga halnya seperti OS Windows, game juga sangat perlu untuk diupdate guna dilakukan perbaikan. Dan layanan ini tentunya hanya bisa didapatkan bagi kalian yang telah membeli gamenya secara original. Bagi yang membeli gamenya secara bajakan, ya selamat menikmati bug nya saja.

Bisa Bermain Online

Banyak para gamers diseluruh dunia ini yang sudah terlanjur menjadi seorang Trophy Hunter, maka bermain online bisa dikatakan adalah hal yang wajib. Para gamers yang tidak terlalu senang untuk bermain online, akan tetapi hampir semua game saat ini memiliki trophy yang mengharuskan para pemainnya untuk terus bermain online. Mau tidak mau bermain game secara online merupakan suatu kewajiban.

Sebuah fakta yang menarik untuk kalian yang gemar dengan game peperangan seperti Battlefield, Call of Duty atau Overwatch. Faktanya hanya dengan membeli game original saja kalian bisa untuk memiliki fitur bermain secara online. Artinya kalian nantinya bisa memainkan game ini ramai – ramai bersama dengan teman – teman kalian melalui internet.

Aman Dari Virus Dan Instalasi Mudah

Fakta selanjutnya yang tak kalah menarik adalah game bajakan sering sekali disusupi oleh virus didalamnya. Karena game bajakan kebanyakan datanya sudah dimodifikasi oleh para pembajak. Selain itu, pada saat kalian melakukan installasi di PC kalian maka kerap kali kalian harus mematikan antivirus.

Hal ini berbeda untuk kalian yang membeli game secara original. Data game yang kalian dapatkan sudah bisa dipastikan tidak disusupi oleh suatu virus apapun didalamnya. Karena memang sudah seharusnya data game yang kamu unduh itu adalah data langsung dari pihak developer game.

Membantu Developer Game

Untuk developer agar tetap bisa merilis sebuah game baru tiap tahunnya, sudah tentu para pengembang game pastinya sangat membutuhkan dana yang cukup besar. Dan dana ini pastinya bisa mereka dapatkan paling besar melalui penjualan kaset game mereka. Tanpa dana yang besar, tentunya para pengembang game akan kesulitan dan tidak akan lagi bisa mengeluarkan game – game baru milik mereka.

Bagi kalian yang sudah membeli game secara original, selamat karena kalian telah membantu para developer game untuk tetap bisa mengeluarkan sebuah game baru tiap tahunnya. Bagi kalian yang tetap membeli game bajakan, jika masih ingin selalu ada game terbaru sebaiknya kalian mulai memikirkan untuk segera beralih ke game original.

Game Bajakan

Harga Lebih Terjangkau

Sudah tidak perlu diperdebatkan panjang lebar lagi, Uang adalah faktor paling utama dan mutlak mengapa banyak para gamers yang lebih memilih untuk memakai game bajakan.

Seandainya saja game original bisa lebih murah, mungkin game bajakan bisa diprediksi tidak akan laku lagi. Alasan paling utama dan mutlak kenapa orang lebih memilih untuk memakai game bajakan tidak lain tidak bukan adalah karena harganya jauh lebih murah. Pembajakan sering kali hanya terjadi di negara – negara berkembang saja, yang notebene ekonominya tidaklah sekuat negara – negara maju.

Mudah Dibawa Kemana Mana

Saat seorang gamers kebingungan untuk memilih antara memakai game original atau game bajakan, mereka barangkali akan memikirkan hal ini bahwa game bajakan itu akan mudah untuk dibawa ke mana – mana dan tidak ribet. Bisa dimaklumkan bahwa game bajakan telah melewati sedemikian banyak rupa proses sehingga pada akhirnya game ini bisa untuk dibawa tanpa harus menggunakan user name password atau hal – hal yang lainnya.

Bahkan kalian tidak perlu mengkhawatirkan lagi jika kalian lupa dengan password akun Steam kalian misalnya, karena tentunya game bajakan tidaklah memerlukan hal ini. Selain itu game bajakan juga bisa kalian gunakan dengan praktis dan tidak ribet dan tidak perlu mendownload game dengan ukuran yang besar dan tentunya membutuhkan internet yang cepat, tinggal copy dan install saja kemudian kalian sudah bisa memainkan gamenya. Berbeda jauh dengan game original yang bisa kalian pindahkan ke PC lain akan tetapi kalian harus menggunakan akun yang sama untuk memainkan game tersebut.

Nah itu dia tadi beberapa perbedaan mengenai game bajakan dan game original. Jadi setelah kalian membaca semua tulisan diatas, kalian team bajakan atau original ??

Share Halaman ini Jika Kalian Suka

See the world through my lens All pictures are mine © "Diliat-liat aja dulu, siapa tau jodoh... "

Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.