Belanja Di Steam Akan Dikenakan Pajak Mulai 1 Juli
DownloadNewsOnline PC

Belanja Di Steam Akan Dikenakan Pajak Mulai 1 Juli

Menjadi salah satu platfrom penjualan untuk jenis game digital yang sangat populer sampai detik ini, Steam ataupun platform-platform penyedia game digital lainnya memang acap kali akan diincar oleh pemerintahan di suatu negara demi bisa menerapkan tax atau pajak untuk setiap pembelian aplikasi ataupun game di platform tersebut.

Info terkini, pemerintahan kita Indonesia, sepertinya ingin dan akan mengikuti langkah dari beberapa negara lain yang sudah lebih dahulu membuat aturan untuk pembebanan pajak kepada user yang sedang melakukan transaksi pembelian di platform penyedia game digital. Lalu, kapankah kira-kira aturan baru ini akan mulai berlaku?

Pajak 10%

Melihat data yang dikeluarkan oleh Steam Games, Indonesia sudah memastikan bahwa per tanggal 1 Juli tahun 2020 ini akan dipilih menjadi tanggal pertama untuk penetapan penarikan pajak ke platform penjualan milik dari Valve Coporation.

Dikonfirmasi, pemerintahan kita Indonesia, akan membebankan pajak sejumlah 10% untuk setiap pembelian game yang kita lakukan melalui Steam. Untuk kalian ketahui saja, bahwa pajak ini akan ditagihkan kepada para pembeli game atau aplikasi, bukan ke pada developer.

Selain Negara Indonesia, Negara timur tengah, Saudi Arabia juga akan menerapkan aturan yang sama dengan kita tepat pada tanggal tersebut, yakni tanggal 1 bulan Juli tahun 2020 juga. tetapi, jumlah pajak yang harus di bayarkan oleh para pengguna Steam di Saudi Arabia mencapai angka 15%. Untuk diketahui sebelumnya, Saudi Arabia sudah memberlakukan aturan yang sama ini di tahun 2018 yang lalu dengan tarif yang sebesar hanya 5% saja.

Perbandingan Negara Lain

Apabila melihat dari rujukan data yang telah ada, tarif pajak yang di pasang oleh pemerintah Indonesia terbilang masih cukup kecil. Contohnya seperti Negara tetangga kita yakni Singapura yang memasang tarif pajak sebesar 7% dan aturan itu sudah mulai berlaku sejak tanggal 1 Januari 2020 lalu.

Lalu negara tetangga kita selanjutnya, ada Malaysia yang memasang tarif pajak yang sedikit lebih murah lagi dari Singaparu yaitu sebesar 6% saja. Untuk negara Asia Tenggara lainnya seperti halnya Thailand, Filipina, Vietnam, sampai dengan Brunei Darussalam masih belum menerapkan peraturan perpajakan ini.

Negara lain yang memasang tarif pajak paling kecil adalah Taiwan sebesar 5%, United Arab Emirates atau UEA sebesar 5%, dan juga ada Switzerland sebesar 7,7%. Sedangkan untuk negara dengan jumlah tarif pajak paling besar dihuni oleh Hungary yang mencapai 27%, Denmark sebesar 25%, dan ada Iceland sebesar 24%.

Jika merujuk dari perbandingan besaran pajak diatas, terlihat jelas bahwa tarif pajak yang dibebankan ke pada para gamers yang berada di Indonesia oleh pemerintahan kita masih berada di batas wajar. Karena, besaran pajak sebesar 10% telah menjadi dasar untuk setiap segmen yang telah dikenakan tarif pajak.

Share Halaman ini Jika Kalian Suka

See the world through my lens All pictures are mine © "Diliat-liat aja dulu, siapa tau jodoh... "

Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.