Apex Legend
ActionOnline PCPlaystation

Apex Legend

Game Battle Royale di alam semesta Titanfall

Meskipun game ini baru di rilis Februari 2019 kemaren dengan amat sangat mendadak dan tiba – tiba, tapi game besutan dari Respawn ini sudah menjadi game yang sangat populer dikalangan para gamers. Baik itu dari gamer profesional, youtuber, streamer dan pada gamers di seluruh dunia.
Game Apex Legend yang di publish oleh Electronics Arts ini sudah dimainkan oleh lebih dari 25 juta pemain guys, hanya dalam waktu 1 minggu dari tanggal perisilisan, gila gak tuh ??!!

Genre battle royale sendiri memang sudah tidak asing lagi dikalangan para gamers, banyak game yang sudah mulai mengeluarkan mode battle royale, seperti Call of Duty, Battlefield dan lainnya. Dan tentunya game battle royale ini bisa dikenal luas seperti sekarang karena kesuksesan dari game PUBG yang di kembangkan oleh Bluehole.

Apex Legend sendiri adalah game Free to Play (F2P) dengan prespektif firts person shooter (FPS) yang bisa kalian mainkan di PC ataupun di konsol kalian guys. Lalu jika di lihat dari hype nya game battle royale saat ini, kira – kira apa yang membuat kalian harus memainkan game ini ??
mari simak penjabarannya berikut guys.

Trailer Apex Legends

Tidak Perlu Menunggu Lama Untuk Masuk ke Permainan

Jika sebelumnya kalian sudah pernah bermain game battle royale lain seperti PUBG, kalian sudah pasti tau jika kita sudah menemukan match, selanjutnya kita pasti harus menunggu lagi selama 1 menit di suatu tempat bersama pemain lainnya. Lalu setelah itu barulah kita bisa memulai permainan. Untuk para pemain baru hal seperti ini mungkin tidak begitu mengganggu kalian, tapi jika kalian sudah berkali – kali bermain pasti akan mulai merasa jenuh, karena kita harus mengulang fase ini lagi saat kita sudah mati di permainan dan ingin bermain lagi, jadi pada intinya terlalu banyak waktu yang terbuang untuk memulai permainan.

Nah, Apex Legend ini berbeda guys. Saat memulai permainan kita tidak perlu untuk menunggu selama 1 menit di suatu tempat bersama pemain lainnya. Karena begitu kita menemukan match kita akan langsung masuk tahap pemilihan Legends, yakni para pemain bisa memilih Legends yang ingin kalian pakai di dalam permainan.

Pemilihan Legends

Alur Permainan yang Cepat

Alur dari permainan Apex Legends sangatlah cepat guys, bisa diperkirakan waktu yang kalian butuhkan untuk 1 match sampai kalian menjadi Champion adalah kurang lebih selama 20 – 30 menit saja.
Dari mulai kalian turun dari pesawat dan memilih lokasi yang ingin kalian tuju, map dari Apex Legends tidak lah terlalu luas, jadi kemungkinan kalian langsung bertemu dengan pemain lain cukuplah besar.
Karena mekanisme permainan yang cukup cepat, mati berkali – kali pun tidak menjadi masalah, dan malah akan membuat kita semakin ketagihan untuk bermain.

Latar Belakang

Cerita Apex Legends diawali dari kelanjutan dunia Titanfall, yakni sebuah peradaban di pinggiran luar angkasa yang terletak sangat jauh dimana sudah selama ratusan tahun yang lalu mengalami suatu konflik yang besar antara Interstellar Manufacturing Corporation (IMC) dengan Frontier Militia. Atau lebih singkatnya, ini adalah kelanjutan cerita 30 tahun setelah peristiwa Titanfall 2.
Akibat dari perang tersebut, warga dari Frontier yang meskipun sudah hidup dalam kedamaian, sudah tidak sanggup lagi untuk melanjutkan hidup disana. Warga yang beranipun akhirnya memilih untuk pindah ke daerah tepian frontier, yakni tempat kita bermain yaitu Outlands.

Outlands adalah tempat yang belum tersentuh dari dampak perang sebelumnya, dan menyebabkan Outlands masih subur akan sumber daya alam dan kehidupan makhluk lainnya. Nah dari warga yang sudah pindah tersebut mereka memiliki suatu budaya baru untuk menyelesaikan suatu permasalahan dengan sebuah pertandingan bloodsport, yang mana pertandingan itu adalah Apex Games.

Legends

Dalam permainan Apex Legends, karakter yang kita pilih di sebut sebagai Legends. Setiap Legends ini masing – masing mempunyai skill dan ability yang berbeda satu sama lainnya. Nah yang membuat Apex Legends ini berbeda dari game battle royale lainnya adalah pada Legends ini guys, dimana setiap legends selain mempunyai skill dan ability yang berbeda para Legends juga mempunyai design karakter dan juga dialog yang unik – unik guys.
Penyampaian dialog yang unik dari tiap karakter ini dapat membuat pemain tertarik bukan hanya dari skill dan ability sang Legends, tapi juga dari sifat dan kepribadian dari Legends tersebut.
Tipe dari dialog yang dimiliki masing – masing Legends ini sangat beragam guys, ada yang kocak, tegas, serius, bahkan sampai menggunakan bahasa lain seperti bahasa latin.

Perbedaan tiap skill dan ability yang dimiliki Legends akan menciptakan peranan unik didalam tim. Hampir sama seperti game MOBA, Apex Legends menekankan pada kemampuan satu tim untuk bekerja sama dalam menggunakan ability masing – masing karakter.
Ada karakter yang bertipe menyerang, bertahan, pendukung dan juga pengintai. Yang mana nanti dalam permainan kalian saling membutuhkan ability dari teman satu tim kalian guys.

Game Play dan Mechanics

Game Play

Game di mulai dari kita akan terjun bebas dari pesawat setelah kita sudah menentukan akan turun di lokasi mana pada peta.
Setiap match akan di isi oleh 20 squad, dimana setiap squad akan di isi oleh 3 Legends, yang mana dengan kondisi ini, kita mau tidak mau harus bekerja sama dengan pemain lain yang tidak kita kenal, maka akan lebih seru lagi jika kita bisa bermain satu tim dengan teman kita, dengan menginvite mereka agar bisa satu party dengan kita.


Disetiap tim, akan ada 1 orang yang akan terpilih secara acak sebagai Jumpmaster, yang berfungsi sebagai pemimpin dari anggota tim lainnya agar otomatis mengikuti sang Jumpmaster, baik dari saat terjun keluar, mengikuti arah tujuan, sampai mendarat di tempat yang dituju.
Setelah mendarat kita akan melakukan looting untuk persiapan menghadapi musuh yang ada. Baik kita mencari senjata, amunisi, heal, shield, dan juga armor yang akan kita pakai.

Oh iya, yang menarik dari game ini adalah, walaupun kita Jatuh dari ketinggian yang sangat tinggi, itu tidak akan berdampak apa – apa pada Legends yang kita mainkan, jadi kita tidak perlu takut akan mati jika lompat dari ketinggian.

Dalam permainan, jika HP kita dihabisi oleh musuh atau sebaliknya, karakter Legends akan berubah menjadi downed state, hal ini akan membuat karakter kita merangkak dan tidak bisa lagi menggunakan senjata atau heal item.

Tapi walaupun dalam kondisi ini, kita tetap bisa berkontribusi dalam tim di permainan. Yakni dengan memberi tahukan lokasi musuh yang membunuh kita dengan melakukan ping. Setelah kita merangkak ke tempat yang aman (akan ada kemungkinan juga kita akan langsung di tembaki lagi oleh musuh sampai mati), kita bisa revive kembali oleh teman satu tim kita dan bisa kembali bermain tapi dalam kondisi heal dan shield armor yang sekarat. Dan saat kita mengalami downed state, kita bisa melindungi bagian depan kita dengan item Knockdown Shield. Item ini berfungsi untuk memblock damage dari musuh yang menembaki kita dari depan saja, jadi kita bisa mengulur waktu agar teman satu tim kita bisa datang menyelamatkan kita.

Bahkan nih guys, sekalipun kita benar – benar mati saat bermain, kita masih bisa di hidupkan kembali oleh teman satu tim kita dengan mengambil banner di death box kita, dan membawanya ke Respawn Beacon yang sudah tersebar di lokasi permainan. Namum kita kembali dalam keadaan tidak bersenjata sama sekali, alias kalian harus looting ulang dari awal.

Ping

Sistem mechanics yang membedakan Apex Legends dengan game battle royale yang lainnya adalah, sistem Ping. Apabila dibandingkan dengan game battle royale lainnya, sistem ping di Apex Legends sangatlah mengesankan. Bahkan sekarang sudah ada game battle royale lainnya yang mulai meniru sistem ping di Apex Legends ini.

Sistem Ping Apex Legends

Sistem ping di Apex Legend selain berguna untuk menunjuk lokasi, kita juga bisa memberikan lokasi musuh ke teman satu tim kita, sambil karakter legends kita akan mengucapkan dialog mereka, keren bukan ??
Selain itu, ping juga bisa memberi tahu teman satu team kita lokasi senjata, amunisi, armor dan item lainnya yang di butuhkan. Bahkan kita juga bisa memberi tahukan kepada teman satu tim kita, item apa yang sedang kita butuhkan.

Nah sekian dulu informasi mengenai Apex Legends yang bisa saya share ke kalian guys. Segera download dan mainkan Apex Legends dengan teman kalian, siapa tau nanti kalian bisa menjadi atlit e-sport untuk game ini.

Share Halaman ini Jika Kalian Suka

See the world through my lens All pictures are mine © "Diliat-liat aja dulu, siapa tau jodoh... "

Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.