5 Jenis Lag dan Cara Mengatasinya
Online PCPlaystationTips and Trick

5 Jenis Lag dan Cara Mengatasinya

Saat kalian sedang seru-serunya bermain game online, dan mengalami Lag saat permainan tengah berlangsung, tentunya menjadi salah satu hal yang sangat mengganggu buat kalian. Bagaimana tidak, saat kalian sedang asyik-asyiknya bermain game namun tiba-tiba PC ataupun laptop kalian tiba-tiba menjadi tak berfungsi sebagaimana mestinya sehingga akan mengakibatkan kalian mengalami kekalahan dan juga kerugian lainnya saat kalian bermain game.

Nah sebelum kita masuk lebih dalam dengan pembahasan dari jenis-jenis dan juga penyebab lag di game online, mari Mantragame beri tahu dulu kepada kalian semua mengenai pengertian dari Lag ini sendiri.

Lag yang acap kali di alami oleh hampir semua gamers di seluruh dunia di game online adalah suatu kondisi dimana pergerakan yang ada di dalam permainan yang sedang berlangsung, timingnya menjadi tidak sesuai dengan eksekusi yang sedang kalian lakukan.

Akibatnya terdapat jeda yang tentunya bisa menimbulkan berbagai kerugian bagi para gamers. Namun tenang dulu, lag yang sering kali kalian jumpai di game online ini sebenarnya ada penyebabnya dan juga tentunya bisa kalian antisipasi sebelum terjadi.

Berikut ini adalah sedikit penjelasan Mantragame buat kalian mengenai 5 jenis dan juga penyebab lag di game online serta bagaimana solusi untuk mengatasinya.

Lag Ping

Ping adalah sebuah istilah di dalam koneksi internet yang akan memperlihatkan seberapa cepat respon bolak-balik dari pemain dengan server game yang sedang kalian mainkan. Satuan yang sagat sering dan digunakan pada umumnya untuk mengukur ping adalah satuan milisecond (ms) dan jika semakin kecil angka ping yang kalian dapatkan maka akan semakin nyaman pula kalian saat bermain. Ping ini akan terjadi saat nilai dari latency ping mampu berada di atas angka 100 ms.

Ciri-ciri dari lag ping atau lag di game online misalnya seperti saat karakter kalian tetap bisa bergerak secara normal, akan tetapi karakter kalian terlihat seperti hanya berjalan di tempat saja atau hanya berputar-putar di satu tempat yang sama.

Penyebab ping yang menjadi tinggi ini bisa dikarenakan oleh masalah di server game, masalah dengan ISP atau modem yang kalian gunakan atau bisa juga disebabkan oleh adanya software atau OS di PC atau laptop milik kalian yang sedang melakukan update secara otomatis.

Lag Bandwidth

Bandwidth ini merupakan bagian dari koneksi internet juga yang sering menjadi penyebab dari lag saat kalian bermain game online. Pada umumnya game online hanya menggunakan sedikit bandwidth saat tengah dimainkan, namun jika bandwidth yang didapat terlalu kecil bahkan kurag dari yang dibutuhkan maka akan bisa membuat ping naik secara mendadak dan akan membuat game menjadi terasa lama dari seharusnya.

Untuk perihal besar kecilnya bandwidth ini tergantung dengan provider internet yang kalian gunakan dan akan menjadi bertambah kecil jika kalian melakukan kegiatan yang lain saat bermain game, misalnya jika kalian sambil mendownload file yang besar.

Lag Visual

Lag yang juga biasa dikenal dengan istilah lainnya yakni lag grafik ini akan terjadi jika spesifikasi dari PC gaming murah yang kalian miliki tidak cukup tinggi untuk mampu memainkan sebuah game yang berat. Salah satu komponen di PC kalian yang akan sangat berpengaruh dan akan menjadi penahan beban berat saat kalian bermain game adalah kartu grafis atau yang biasa disebut VGA card.

Ciri-ciri dari lag ini adalah game akan menjadi terasa berat dan juga melambat saat kalian mainkan. Solusi dari masalah ini, kalian bisa mencoba melakukan overlock kepada VGA kalian dan jika tetap tidak berhasil, bisa juga dengan cara mengganti kartu VGA lama milik kalian dengan yang versi yang lebih baru dan juga lebih berkualitas atau bisa juga dengan membeli PC gaming dengan spesifikasi yang terbaik agar kalian bisa mendapatkan pengalaman gaming yang jauh lebih baik dan juga mulus pastinya.

Lag Server

Server dari game online yang sedang kalian mainkan juga bisa menjadi salah satu penyebab lag yang terjadi saat kalian sedang bermain game online. Tidak peduli sekencang apapun koneksi internet yang kalian miliki atau sedewa apapun laptop atau PC gaming terbaik yang kalian miliki, akan menjadi percuma jika server game sedang bermasalah.

Hal ini pada umumnya acap kali terjadi pada game-game yang baru dirilis atau game yang masih dalah tahap BETA, contohnya seperti game besar sekelas PUBG yang baru-baru ini dikabarkan juga sempat mengalami gangguan pada server mereka yang memicu protes di kalangan pemain setia mereka.

Untuk lag server ini sangat disayangkan tidak ada solusinya yang bisa kalian lakukan, karena sumber dari lag ini berasa dari server game yang tentunya berada di luar jangkauan kalian.

Cara terbaik yang bisa kalian lakukan adalah menunggu kabar baik dari developer game tersebut mengenai kapan server akan kembali normal dan barulah kemudian kalian bisa lanjut bermain lagi.

Lag RAM

lag ini disebabkan oleh besaran dari RAM laptop gaming yang kalian miliki masih berada di bawah standar meskipun kartu VGA milik kalian sudah yang paling bagus.

Jika Memory RAM yang kalian miliki hanya 1 GB saja, ada besar kemungkinan kalian akan mengalami lag saat memainkan game-game dengan grafis yang tinggi seperti jenis game MMORPG.

Cara terbaik yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi lag dengan jenis ini adalah dengan melakukan upgrade Memory RAM di PC maupun laptop kalian ke kapasitas yang lebih tinggi atau sesusai dengan spesifikasi minimum yang dibutuhkan oleh game yang ingin kalian mainkan, contohnya sebesar 4 – 8 GB.

Share Halaman ini Jika Kalian Suka

See the world through my lens All pictures are mine © "Diliat-liat aja dulu, siapa tau jodoh... "

Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.