5 Cara Terbaik Bermain Dota 2 Terbaru
Offline PCOnline PCTips and Trick

5 Cara Terbaik Bermain Dota 2 Terbaru

Game MOBA strategi dengan jutaan player aktif

Beberapa minggu yang lalu, tepatnya pada bulan agustus kemarin. Baru aja selesai digelar kembali nih turnamen E-Sports dengan hadiah terbesar yang pernah ada, yakni dengan total hadiah yang mencapai 35 juta dolar AS!!! Gila banget gak itu nominal ??!! udah bisa bayangin kira-kira dengan uang segitu kalian bakal pake beli apaan ??
Ya turnamen itu adalah TI 9 atau The International ke – 9 yang telah sukses di gelar sampai saat ini, yang mana game yang di mainkan adalah Dota 2.
Lalu apa itu Dota 2 ?? Silahkan simak penjelasan di bawah ini.

Dota 2 atau singkatan dari Defense of The Ancients 2 adalah hasil remastered dari game jadul banget yang bernama Warcraft III buatannya si Blizzard Entertainment.
Dota 2 dirilis sama pihak Valve pada bulan Juli 2013 untuk di mainkan di platform Windows, Mac OS dan juga Linux. Nah game ini bisa kalian download free alias gratis tis tisssss… Dan tenang aja, game ini bebas dari yang namanya Pay to Win seperti game mobile sebelah, karena walaupun kalian ngeluarin pundi-pundi dompet kalian untuk beli skin-skin yang maha keren di game ini, itu gak akan mempengaruhi statistik hero yang kalian mainin, alias kalian semua itu sama di mata tuhan, yang membedakan kalian hanyalah skill bermain kalian hahahaha…
Lalu bagaimana jalan dan cara bermain Dota 2 ??
Silahkan simak di bawah ini…

1. Alur permainan

  • Jadi game ini di mainkan total oleh 10 pemain, dimana nanti kalian di bagi menjadi 2 team yakni Radiant dan Dire. Nah di permainan ini, kalian bisa memilih untuk mainin game ini bareng dengan teman kalian dan bersama-sama melawan team lain atau kalian juga bisa bermain sendiri dan bertemu dengan banyak orang dari belahan negara lain.
  • Saat kalian sudah Match dengan 9 orang lainnya, selanjutnya kalian akan masuk pada tahap pemilihan hero dan harus memilih 1 hero sesuai dengan role yang ingin kalian mainkan. Ada lebih dari 100 hero dengan skillset yang berbeda-beda dan juga atribut yang beda-beda juga. Ada tipe carry, support, midlaner, dan juga tanker.
  • Tujuan utama game ini adalah kalian harus bisa mempertahankan Ancient kalian dan sekaligus kalian harus berusaha menghancurkan Ancient team lawan, biasanya nih game ini itu bisa berlangsung selama kurang lebih 20 menit paling cepet. Tapi jika game berjalan alot dan ke dua team saling ngotot untuk menang, game ini bisa berlangsung sangat lama, gua sendiri pernah dalam 1 match berlangsung selama 2 jam, kebayang gak tuh pegelnya ?? apalagi kalo sampe ujung-ujungnya ternyata team kita harus kalah, kebayang gak emosinya ?? hahahaha…
  • Saat game di mulai, kalian bakal punya map yang bisa kalian pakai untuk memantau keadaan sekitar dan juga keadaan hero lain yang di mainkan oleh teman satu team kalian. pada map tersebut di bagi menjadi 3 lane utama, yaitu middle, top, dan bottom lane.
  • Di setiap lane nantinya bakal ada creep dari masing-masing team yang bakalan saling serang otomatis, bahkan kalian juga bisa di serang oleh creep tersebut.
  • Setiap lane juga terdapat 3 buah tower yang bisa kalian hancurkan untuk bisa semakin dekat dengan ancient dan bakal otomatis menyerang creep dan hero yang mendekat. Dan setiap lane juga terdiri dari 2 barrack yang mana jika kalian bisa menghancurkan semua barrack team lawan, creep kalian bakal berubah menjadi mega creep yang tentunya memiliki HP dan juga damage yang lebih besar.

2. Hero

  • Hero adalah karakter yang disediaka Dota 2 untuk kalian pilih dan akan kalian kendalikan sepanjang permainan. Total ada 117 hero yang bisa kamu pilih.
  • Masing-masing pemain hanya bisa memilih 1 hero dan tentunya tidak ada hero duplikat atau hero yang di pilih lebih dari 1 kali dalam 1 permainan.
  • Setiap hero mempunyai HP dan Mana bar. HP bar adalah darah atau nyawa kalian, yang mana jika angka pada HP bar kalian mencapai 0 maka hero kalian akan mati. Sedangkan Mana bar adalah jumlah dari pemakain skill hero kalian.
  • Hero di bedakan menjadi 2 tipe gaya bertarung, yakni Melee dan range.
  • Tiap Hero memiliki karakter yang berbeda yakni di bagi menjadi 3 bagian. Hero Strength : Memiliki jumlah HP yang lebih banyak, Hero Agility : Memiliki damage yang lebih tinggi serta kecepatan serangan yang lebih tinggi, Hero Intelligence : Memiliki jumlah mana dan juga skillset yang kuat.

3. Role Play

  • Carry
    adalah role yang bertugas untuk menjadi hitter atau pemberi damage terbesar ke pada team lawan pada saat perang . Biasanya hero yang di pilih untuk menjadi carry adalah tipe agility, tapi tidak menutup kemungkinan untuk memilih hero carry dari tipe strenght atau intellegence.

    Menang atau tidaknya game yang kita mainkkan sangat lah bergantung seberapa kuat dan mendominasinya carry di pertengahan atau di late game.
    Maka dari itu faktor farming di awal sangat menentukan. Karena jika ingin menjadi carry yang kuat dan mempunyai damage yang besar maka seorang carry haruslah memiliki item yang bagus.

    Jadi sebaiknya seorang carry di safelane harus di temani setidaknya 1 support untuk memastikan carry di team bisa melakukan farming dan leveling yang baik dan secepat mungkin mendapatkan item yang dibutuhkan.
  • Midlanner
    Jika di sepak bola ada playmaker maka di Dota 2 ada midlanner. jadi midalanner ini bertugas untuk mengatur tempo permainan dan juga menjadi carry ke dua saat permainan memasuki waktu pertengahan.
    Midlanner di dalam game akan berhadapan satu lawan satu dengan midlanner dari team lawan dan biasanya hero yang di pilih untuk midlanner adalah : Invoker, Zeus, Storm Spirit, dan masih ada beberapa lainnya.
  • Offlaner / Tanker
    Offlaner adalah role yang juga lumayan menentukan ketika game sudah memasuki pertengahan dan late game. Sebab offlaner akan menjadi tank bagi teamnya saat war atau clash dengan team lawan. Biasanya tipe hero strenght yang dipilih untuk menjadi offlaner seperti Bristleback, Axe, Centaur Warrunner.
  • Support
    Support bertugas untuk memberi bantuan di setiap lane yang membutuhkan. yakni lebih ke tujuan untuk meng-gank musuh. Role ini tidak lah terlalu memerlukan farming dan item yang bagus di awal permainan. Karena support harus mendahulukan carry untuk bisa farming dan memiliki item yang bagus.
  • Hard Support
    Role ini juga tidak perlu farming dan membeli item yang bagus di awal permainan. Karena role ini juga bertugas memastikan hero carry bisa melakukan farming dengan baik, yakni dengan membeli item support seperti wards untuk memberikan visions di map agar carry bisa dengan nyaman melakukan farming. Contoh hero yang biasa di pilih untuk menjadi hard support adalah : Lion, Crystal Maiden, Shadow Shaman.

    Berikut contoh menjadi role hard support yang baik.
Contoh Hard Support yang baik di level Archon.

4. Dota 2 Mechanics

Apa itu dota 2 mechanics ?
Dota 2 mechanics adalah detail-detail yang ada di dalam permainan, seperti courier, item, last hit & deny creep, dan masih banyak lainnya
Mechanics dalam dota 2 ini sangat lah kompleks dan bahkan tidak jarang seorang player akan menjadi sangat bagus dalam permainan jika si player mempunyai pemahaman yang baik terhadap mechanics dota 2 itu sendiri.
Berikut penjelasan mengenai dota 2 mechanics.

  • Courier
    Kurir adalah yang bertugas untuk mengantarkan item yang sudah kamu beli dan akan membawa dan memberikan item tersebut di mana pun player berada.
  • Last Hit & Deny Creep
    Jika di game mobile legends kalian bisa mendapakatn last hit creep dengan mudah, maka jangan harap kalian bisa melakukannya di Dota 2. Kalian benar-benar harus meng-hit creep di saat hp creep sudah sekarat atau penjelasan singkatnya kalian yang harus meng-kill creep tersebut. Karena jika tidak, maka kalian tidak akan mendapatkan gold dari creep tersebut dan XP yang di dapatkan juga sedikit. Disinilah pentingnya timing, karena hero lawan bisa men-deny creep dan membuat kita tidak mendapatkan gold.
  • Item
    Hal yang tidak kalah penting dan sangat menentukan dalam permainan adalah item. Kamu harus membeli item yang tepat agar hero kamu bisa menjalankan role nya dengan baik dan benar. Agar player bisa membeli item dengan cepat maka player harus mendapatkan gold yang di dapat dengan cara farming. Adapun beberapa tipe item yang dibedakan berdasarkan fungsinya.
    • Support Item
      Item untuk membantu team kita selama permainan dan biasanya item ini dibeli oleh hard support atau support. Contohnya seperti : Ward, Mekanism, Dust of appreance.
    • Weapon Item
      Item yang harus dan wajib di beli dan di buat oleh role carry di team. Karenan item ini bertujuan untuk menambag jumlah damage dari hero yang mempunyai item tersebut. Contohnya seperti : Daedalus, Desolator, Monkey King Bar.
    • Armor Item
      Item ini akan memberikan atau menambah kekuatan armor pada hero, tentunya semakin besar jumlah armor yang dimiliki maka akan semakin sedikit damage yang akan di terima. Biasanya item ini di beli oleh hero role offlaner. Contohnya seperti : Assault Cruisas, Vanguard, Blade Mail.
    • Aura Item
      Item ini akan memberikan effect kepada team kita di dalam radius tertentu. Dan juga bisa memberi damage ke team lawan dalam radius tertentu. Contohnya seperti : Vladmir Offering, Mekanism, Radiance.
  • Talent
    Setiap hero memiliki talent yang bisa dipilih saat mereka mencapai level tertentu, yakni 10, 15, 20, 25. Setiap level talent memiliki cabang yang bisa kita pilih untuk menyesuaikan dengan kondisi permainan saat itu.
  • Gold
    Gold adalah uang yang bisa kita pakai membeli item. Gold bisa kita dapatkan dengan membunuh creep, neutral creeps, hero lawan, tower, barrack, dan juga dari bounty rune.
  • Wards
    Ward adala item yang bisa kalian beli di shop yang berguna untuk memberi vision sesuai area tempat kalian memasang ward tersebut. Terdapat 2 jenis ward yang bisa kalian beli di shop yakni, Observer Ward untuk memperluas penglihatan area, dan yang kedua adalah Sentry Ward yang berguna untuk memberi penglihatan terhadap invisible unit.

5. Roshan

Roshan adalah special unit, yakni unit terkuat yang ada di dalam permainan. Roshan Mempunyai kemampuan untuk terus bertambah kuat seiring berjalannya waktu selama permainan.
Jika kita bisa mengalahkan roshan maka team kita akan mendapatkan bonus gold dan XP serta roshan akan meninggalkan sebuah item, yaitu Aegis of Immortal. Sebuah item yang jika kita bawa maka dapat meghidupkan kita kembali ketika kita mati saat itu juga dalam keadaan HP dan Mana bar dalam keadaan full.

Jadi itu guys sedikit penjelasan yang bisa gua berikan dan semoga bisa kalian jadikan panduan untuk kalian mulai bermain Dota 2.
Segera download dan install gamenya agar kalian bisa segera mempelajari langsung dan mempraktekkan semua yang sudah kalian baca di atas.

See you again in my next article!!!

Share Halaman ini Jika Kalian Suka

See the world through my lens All pictures are mine © "Diliat-liat aja dulu, siapa tau jodoh... "

Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.